kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Rumah Kreatif Eva, Olah Kain Perca Jadi Produk Kekinian

banner 468x60

KabarMakassar.com — Ibu Eva, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Makassar mendirikan Rumah Kreatif Eva Magello yang mengolah kain sisa menjadi produk kekinian.

Ibu Eva menuturkan kalau usahanya itu sudah dirintis sejak tahun 2017 dengan mengubah kain perca atau kain sisa menjadi tas, topi hingga sandal.

Pemprov Sulsel

Kain sisa yang diolah ibu Eva diambil dari sisa konveksi jahit milik kakaknya dan juga membeli kain sisa dari konveksi jahit lainnya.

Namun, kain sisa yang diolah ibu Eva merupakan jenis kain sutera dan kain Lontara. Hal ini karena brand utama usaha miliknya menawarkan ciri khas Sulawesi Selatan khususnya Makassar.

"Sejak 2017 saya biasa ambil kain dari kakakku yang kebetulan penjahit dan saya juga beli tapi hanya untuk kain sutra dan Lontara saja," ungkapnya, Kamis (29/06).

Berbekal keahlian menjahit yang dimilikinya, Ibu Eva menyulap kain sisa menjadi produk kekinian hingga meraup omset Rp7-8 juta per bulannya.

Dalam sehari, Ibu Eva mampu memproduksi hingga 50 pcs produk yang dijualnya secara online dan offline.

Ia memasarkan produknya di beberapa toko oleh-oleh khas Makassar dan juga e-commerce seperti Tokopedia.

"Kalau omset sekitar Rp7-8 juta per bulan kita jual online dan offline," sambungnya.

Selain itu, usaha yang kini cukup besar itu didukung dengan beberapa kali pameran yang diikutinya dengan bergabung menjadi UMKM binaan BRI sejak tahun 2018.

Ibu Eva sering mengikuti pelatihan dan pameran yang semakin meningkatkan kemapuan dan pengetahuannya tentang dunia bisnis.

"Ini terbantu juga dengan beberapa kali dipanggil ikut pameran dan pelatihan dari BRI," pungkasnya.

Ia pun berharap Rumah Kreatif Eva Magello semakin maju dan banyak dikenal secara lokal hingga internasional.

"Tentu harapannya semakin besar semakin dikenal agar lebih banyak omsetnya," harapnya.

PDAM Makassar