kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

RSUD Lasinrang Pinrang Kebanjiran, Bupati Pinrang Instruksikan Segera Tangani

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Kabupaten Pinrang, terendam banjir hingga masuk di ruang perawatan. Banjir di RSUD Lasinrang disebabkan tingginya curah hujan, Senin (3/7).

Dari pantauan KabarBugis.id di RSUD Lasinrang, sekitar pukul 20.30 Wita sejumlah ruangan pasien terendam banjir dengan ketinggian air yakni di bawah mata kaki. Sejumlah pasien terlihat dipulangkan lebih awal oleh pihak keluarga setelah dibolehkan pulang.

Pemprov Sulsel

Sementara sisanya memilih untuk tetap tinggal di ruang perawatan. Beberapa staf dan pegawai pun terlihat berupaya mengeluarkan air dari ruang perawatan.

Bupati Pinrang Irwan Hamid yang turun memantau langsung kondisi fasilitas layanan kesehatan di RSUD Lasinrang yang terdampak banjir. Ia memastikan pelayanan tetap stabil meski air hujan menggenangi sebagian fasilitas layanan.

"Sistem drainase RSUD Lasinrang sudah cukup baik, namun faktor alam akibat curah hujan yang sangat tinggi dan turun sejak tengah hari menyebabkan drainase tidak mampu menampung volume air dan mengakibatkan genangan," kata Irwan Hamid.

Irwan Hamid menginstruksikan agar OPD terkait segera melakukan upaya penanganan sehingga hal seperti ini tidak lagi terjadi dimasa datang.

Bupati Irwan juga mengapresiasi personil RSUD Lasinrang yang tetap melakukan layanan prima meski air menggenangi beberapa fasilitas layanan.

"Kami tentunya menginstruksikan kepada OPD terkait untuk mencarikan solusi terkait hal ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Lasinrang Pinrang, dr Moh Inwan Ahsan menyampaikan banjir turut dipicu hujan deras sejak sore hari. Pihaknya sementara menyiapkan skema jika air tidak surut.

"Jika intensitas air tidak turun dan ada kenaikan sekitar 10 cm lagi, kita akan evakuasi pasien ke ruangan yang lebih tinggi," imbuh Inwan.

Inwan menjabarkan ada 6 ruang perawatan yang terendam banjir mulai Melati 1, Cempaka 1, VIP room. Namun dia mengklaim kondisi saat ini masih dianggap aman.

"Ada 6 ruang perawatan mulai Cempaka 1, Melati 1 dan VIP Room yang terdampak. Tapi sudah mulai agak turun," paparnya.

Terkait pasien yang banyak dipulangkan lebih awal, dia mengaku memang ada seleksi ke pasien yang dianggap sudah bisa pulang. Agar tak terjadi penumpukan pasien.

"Ada yang pulang. Memang kondisi sudah siap pulang. Jadi dilihat pasien yang bisa pulang malam ini agar dipulangkan," bebernya.

PDAM Makassar