kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ribuan Miras-Rokok Ilegal Tujuan Morowali Disita Polrestabes Makassar

banner 468x60

Makassar.com — Polrestabes Makassar menyita ribuan botol miras dan rokok ilegal yang diselundupkan dari China di Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (31/05) kemarin

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan pihaknya menyita kurang lebih sekitar 1000 botol miras dan 23 kardus rokok ilegal yang akan diedarkan ke Morowali, Sulawesi Tengah.

Pemprov Sulsel

Pihaknya pun telah mengamankan dua orang pelaku yakni masing-masing berinisial O dan J yang mengangkut barang ilegal tersebut.

"Tim mengungkap kasus peredaran minuman keras impor yang ilegal dan juga rokok tanpa cukai ilegal yanni sebanyak 132 kardus minuman beralkohol diduga dari negeri China. Dan 23 kardus rokok merk double happines tanpa cukai, dan satu mobil pick up," ungkapnya dalam konferensi pers, Jumat (02/06).

Selain itu, dari hasil pemeriksaan bahwa proses penyeludupan barang ilegal tersebut sudah beroperasi selama kurang lebih lima bulan.

Polisi pun melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa pemilik dari barang ilegal tersebut.

Sementara itu para pelaku yang ditahan dikenakan pasal 142 juncto pasal 91 Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Pasal 106 juncto pasal 25 Undang-undang nomor 7 tahun 2014, serta pasal 99 juncto pasar 114 Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Saat ini kita masih melakukan pengembangan khususnya kepada pemilik dari pada barang tersebut. Patut kita duga, karena ini barang ilegal, barang selundupan. Ini sementara kita kembangkan," jelasnya.

PDAM Makassar