kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Resmi Dilantik, Berikut Profil Kakanwil Kemenag Sulsel, Muh Tonang

Resmi Dilantik, Berikut Profil Kakanwil Kemenag Sulsel, Muh Tonang
Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H Muh Tonang.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kementerian Agama telah resmi melantik H Muh Tonang sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenag Sulsel), Selasa (26/3) lalu.

Muh Tonang dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Sulsel di Gedung Kementerian Agama RI di Jakarta. Muh Tonang yang terpilih untuk mengemban amanah sebagai Kakanwil Kemenag Sulsel, menggantikan H Khaeroni yang memasuki masa pensiun pada 1 Januari 2024 lalu.

Pemprov Sulsel

Diketahui, pada seleksi terbuka Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, 12 orang dinyatakan lolos seleksi berkas. Namun, hanya 9 orang yang mengikuti tahap penulisan makalah dan uji kompetensi, yang dipusatkan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Tahapan penulisan makalah dan uji kompetensi, berlangsung mulai 26-29 Februari 2024.

Hasil akhir seleksi terbuka diumumkan pada 25 Maret 2024. Pansel mengusulkan tiga besar ke Menteri Agama, yakni Ali Yafid, Muh Tonang, dan Muhammad Dinar Faisal.

Diketahui, Ali Yafid dan Muh Tonang masuk dalam daftar 12 peserta yang lolos seleksi administrasi formasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenag Sulsel). Dimana Ali Yafid adalah Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, sekaligus sebagai Plt Kakanwil Kemenag Sulsel.

Sementara itu, Muhammad Tonang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel. Namanya masuk daftar lolos seleksi administrasi formasi Kakanwil Kemenag Sulsel.

Masih dari Sulsel, ada tiga kepala Kakan Kemenag yang namanya lolos dalam seleksi administrasi formasi Kepala Kanwil Kemenag Sulsel. Masing-masing, Kakan Kemenag Kabupaten Barru Jamaruddin. Kakan Kemenag Kemenag Kabupaten Pangkep Muhammad Nur Halik. Kakan Kemenag Kabupaten Kepulauan Selayar Nur Aswar Badulu. Selain itu, Kabag TU Kanwil Kemenag Sulbar Suharli juga lolos seleksi administrasi formasi Kepala Kanwil Kemenag Sulsel.

Ada juga nama Kakan Kemenag Mamuju Tengah Muhammad Dinar Faisal yang lolos seleksi administrasi Sekjen Kemenag RI yang juga Ketua Panitia Seleksi, Nizar Ali, mengatakan, para peserta yang dinyakan lolos seleksi administrasi wajib mengikuti tahap selanjutnya, yakni penulisan makalah dan asesmen kompetensi.

Berikut Profil Muh Tonang

Nama lengkap: H Muh Tonang Nama panggilan: Tonang

Lahir di Sanrego, 14 September 1974

Alamat Rumah: Kompleks Griya Minasa Sari

Pendidikan SD: 298 Sanrego tamat (1987)

SMP: MTs Pesantren Ma’had Hadis Biru Kab. Bone tamat (1990)

SMA: MA Pesantren Ma’had Hadis Biru Kab. Bone

S1: jurusan Tafsir Hadis Fak. Ushuluddin IAIN Alauddin Makassar (1998)

S2: Pascasarjana UIN Alauddin (2001)

Karier:

1. Staf KUA Patimpeng Kabupaten Bone 2003

2. Staf Humas Kanwil Kemenag Sulsel 2004 3. Kasi Kemasjidan Bidang Penamas Kanwil Kemenag Sulsel 2009

4. Kasubag Hukmas dan KUB Kanwil Kemenag Sulsel 2010 – 2013

5. Kasi Pendidikan Diniyah Formal dan Kesetaran Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Sulsel 2013 – sekarang

6. Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel

7. Kepala Kemenag Kabupaten Maros (22 April 2020– 2022)

8. Kabid Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel (2022-2024)

PDAM Makassar