kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Rektor Unifa Beri Kuliah Tamu di Institute Superior Cristal Timor Leste

Rektor Unifa Beri Kuliah Tamu di Institute Superior Cristal Timor Leste
Rektor Unifa saat memberikaan kuliah umum di Institute Superior Cristal Timor Leste
banner 468x60

KabarMakassar.com — Rektor Universita Fajar mengikuti sejumlah kegiatan di timor leste dalam kunjungan kerjanya sebagai salah satu delegasi Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Sulawesi Selatan.

Selain mengikuti Expo dan Pameran Pendidikan bertajuk International Education Expo & Forum 2024, Rektor Unifa Dr. Muliyadi Hamid, SE., M.Si. juga memberikan kuliah tamu di institute superior cristal, timor leste. Muliyadi membawa tema kuliah developing competences in VUCA Area dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen institute superior cristal, Sabtu (08/06).

Pemprov Sulsel

Kuliah tamu ini mendapat sambutan hangat dari para peserta yang terlihat antusias. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara kedua institusi dalam upaya meningkatkan kompetensi dan daya saing di kancah global.

Sebelumnya, Universitas Fajar juga melakukan penandatangan MoU dengan 12 Perguruan Tinggi di Dili Timor Leste. Sebagai bagian dari implementasi MoU yang ditandatangani itu, Kedepannya akan dilanjutkan dengan kuliah-kuliah tamu oleh dosen unifa sesuai keahlian masing-masing. Selain itu, Juga akan diadakan join riset antar dosen kedua institusi. Nantinya lulusan S1 institute superior cristal (ISC) akan melanjutkan S2 di Unifa Makassar.

Kehadiran Unifa di Timor Leste merupakan satu dari 6 delegasi PTS dari Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Sulawesi Selatan untuk mengikuti International Education Expo & Forum 2024 di Dili Timor Leste bekerja sama dengan Pusat Budaya Indonesia KBRI Dili di Timor Leste 6 – 10 Juni 2024.

Ikhfan Haris selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, menyampaikan bahwa banyak sekali siswa Timor Leste yang ingin melanjutkan pendidikan ke Indonesia dan ke Makassar maka kami fasilitasi perguruan tinggi swasta di Makassar dengan bekerjasama dengan ABPPTSI Sulawesi Selatan.

Abduh Idris sebagai ketua tim yang juga Sekretaris ABPPTSI Sulawesi Selatan mengatakan bahwa kampus yang hadir dalam kegiatan ini adalah Universitas Fajar, ITB Nobel, Universitas Almarisah Madani, Universitas Bosowa, Politeknik LP3I Makassar dan Universitas Atmajaya Makasaar. Selain MOU dan merekrut mahasiswa baru internasional, beberapa delegasi akan menjadi pemateri dalam kuliah umum internasional di beberapa perguruan tinggi di Timor Leste.

Adapun delegasi yang berangkat adalah Muliyadi Hamid (Universitas Fajar), Badaruddin (ITB Nobel), M. Abduh Idris (Politeknik LP3I Makassar), Kisdwiantoro dan Bondan (Universitas Almarisah Madani), Agus Salim dan Muliati (Universitas Bosowa) dan Lita Limpo dan Blasius Perang (Universitas Atmajaya Makassar).

Kegiatan ini dibuka oleh Duta Besar Indonesia di Dili Timor Leste Okto Dorinus Manik.

PDAM Makassar