kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Rekapitulasi Tingkat Provinsi di Sulsel Digelar 3 Maret

Rekapitulasi Tingkat Provinsi di Sulsel Digelar 3 Maret
KPU Sulsel akan menjadwalkan proses rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi dimulai pada 3 Maret 2024 mendatang. Dok KabarMakassar.com
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menjadwalkan rekapitulasi suara untuk tingkat provinsi dimulai pada 3 Maret 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Sulsel, Hasbullah yang berharap agar rekapitulasi untuk 24 kabupaten/kota segera rampung. Dimana proses penghitungan kabupaten/kota harapannya sampai besok 2 Maret 2024 sudah selesai.

Pemprov Sulsel

“iya, jadi kita harapkan rekapitulasi di kabupaten/kota selesai pada tanggal 2 Maret 2024. Karena kami provinsi tanggal 3 akan rekap. Rencana akan dilakukan selama 5 hari sampai tanggal 8,” ucap Hasbullah kepada Kabarmakassar.com.

“Jadi dihitung di provinsi D hasil yang dibuka disandingkan dengan Sirekap kemudian D hasil yang dipegang saksi peserta Pemilu,” sambunya.

Selain itu, pihaknya menyebut tidak masalah jika rekapitulasi tingkat kabupaten/kota tidak selesai tanggal 3 Maret. Rekapitulasi tingkat provinsi akan dilakukan dengan mendahulukan kabupaten/kota yang lebih dahulu selesai.

“Tidak ada masalah kalau tidak selesai rekap kabupaten, teman-teman kita dahulukan yang sudah selesai,” terang Hasbullah.

Ditambahkan bahwa rekapitulasi tingkat kabupatern/kota tetap menjadi kewengan KPU kabupaten/kota. Namun rekapitulasi akan ditarik ke provinsi. Adapun rekapitulasi suara tingkat provinsi rencana akan dilakukan di Hotel Claro.

“Sampai batas waktu rekap kabupaten ditarik, nanti rekap di provinsi kami buat timelinenya kabupaten mana dulu pasti kita dahulukan. Sidrap karena dia lebih awal kemudian kabupaten selanjutnya,” ujarnya.

Sementara itu, KPU kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) menjadi yang pertama menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu tingkat kabupaten di Sulawesi Selatan.

“Sejauh ini Sidrap yang pertama. Belum ada laporan yang lain, mungkin baru selesai, nanti malam istirahat,” ujar Ketua KPU Sulsel, Hasbullah usai menerima rekapitulasi suara di Kantor KPU Sulsel jalan AP Pettarani Makassar.

Dikatakan, beberapa KPU Kabupaten telah selesai atau hampir selesai melakukan rekapitulasi. Pihaknya masih menunggu siapa yang akan menyusul menyerahkan hasil rekapitulasi setelah KPU Sidrap.

“Yang sudah masuk report tadi Sidrap sendiri karena ini dari kemarin dulu. Tadi Parepare. Sepertinya Bantaeng juga nyusul karena tadi malam jam setengah satu kita sampai di Bantaeng sudah selesai 6 kecamatan, tinggal 3 kalau tidak salah,” tambahnya.

PDAM Makassar