kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ratusan Anggota Paskibra Sekolah Se-Kota Makassar Banjiri Lapangan Karebosi

Ratusan Anggota Paskibra Sekolah Se-Kota Makassar Banjiri Lapangan Karebosi
Ratusan Anggota Paskibra Sekolah Se-Kota Makassar tengah berlatih di Lapangan Karebosi.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ratusan pelajar yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari berbagai SMA/MA/SMK se-Kota Makassar memadati Lapangan Karebosi.

Mereka tengah mengikuti Latihan Gabungan Paskibra: “Sehari Menjadi Paskibraka” yang diinisiasi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Makassar, Minggu (18/2).

Pemprov Sulsel

Kegiatan ini dimulai dari pagi hingga petang hari. Diawali dengan apel akbar, penampilan Paskibra Makassar serta pembekalan teori dan praktek dari TNI AD.

“Kami memberi pembekalan Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), Latihan Pembawa Baki, Latihan 3 Pengibar, cara lipat dan bentang bendera,” kata Suherman selaku Ketua Panitia Latgab Pastama.

Suherman melanjutkan bahwa di kesempatan ini disosialisasikan pula Pendaftaran Calon Paskibraka (Capaska) untuk tahun 2024.

“Selain latihan juga ajang latihan sebagai persiapan seleksi Paskibraka tingkat kota hingga nasional,” sambungnya.

Sementara Ketua PPI Kota Makassar, Muhammad Fahmi menyebut, yang menjadi fokus dalam giat latgab ini selain kecakapan baris berbaris juga ada penilaian etika termasuk tes fisik dan mental para peserta.

“Agar semua anggota Paskibra Se-kota Makassar dapat merasakan latihan layaknya Capaska. Latihan gabungan ini juga untuk pembinaan karakter dan menyambung tali silaturahmi,” terang Muhammad Fahmi.

Muhammad Fahmi, yang dilantik sebagai Ketua PPI Makassar pada Oktober 2023 lalu ini berharap latihan ini memotivasi peserta untuk berprestasi dan mengisi waktu dengan kegiatan positif.

“Latihan seperti ini juga akan menambah jiwa disipilin wawasan mereka tentang Paskibra juga keseharian jika lolos seleksi Paskibraka, selain itu bisa berbagi pengalaman dengan teman sebaya lintas sekolah,” terangnya.

Diketahui, giat yang merupakan program prioritas PPI Makassar ini juga dirangkaikan dengan edukasi Safety Riding bersama Daffa Salman dan Andi Harjito (pemain PSM Makassar) bersama Wanny Dewa selaku Safety Instructor ASMO Sulsel.

PDAM Makassar