kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pulau Samalona, Destinasi Wisata Menarik di Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pulau Samalona merupakan salah satu kawasan obyek wisata yang memiliki pasir putih dan keindahan pemandangan bawah laut.

Pulau ini tepatnya terletak di Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pemprov Sulsel

Samalona merupakan pulau kecil yang tidak kekurangan fasilitas.

Daya Tarik Pulau Samalona

Pulau Samalona merupakan salah satu pulau terindah yang dimiliki negeri ini. Sesampainya di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan pemandangan batu karang yang dapat dilihat dari atas kapal dan pasir putih.

Pulau seluas dua hektar ini memiliki gugusan terumbu karang yang indah. Air lautnya biru jernih.

Pulau Samalona terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

Wisatawan yang berkunjung di pulau ini dapat berenang dan menyelam, sambil menikmati terumbu karang yang indah dan ikan warna-warni.

Pulau Samalona juga menyimpan peninggalan kapal dari Perang Dunia 2. Setidaknya, ada tujuh kapal tenggelam yang berada di sekitar pulau.

Kapal-kapal yang tenggelam tersebut, seperti Kapal Maru merupakan kapal perang Jepang dan tenggelam di kedalaman 30 meter. Ada juga, Kapal Lancaster Bomber, Kapal Hakko Maru, serta lainnya.

Jika wisatawan melakukan perjalanan ke Sulawesi Selatan, waktu terbaik mengunjungi Pulau Samalona adalah pada saat musim kemarau.

Untuk menuju Pulau Samalona, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 2 km dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari.

Lalu lintas di dermaga tersebut selalu sibuk. Pasalnya, dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau, tapi juga melayani lalu-lintas warga dan para pedagang. (Sasrendra sastro).

PDAM Makassar