kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Puasa Syawal 2024 dan Waktu Melaksanakannya

Puasa Syawal 2024 dan Waktu Melaksanakannya
Ilustrasi (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Hukum puasa Syawal adalah sunnah muakkadah, artinya sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun.” (HR. Muslim)

Pemprov Sulsel

Keutamaan melaksanakan puasa di bulan Syawal diibaratkan seperti melakukan puasa tanpa henti atau mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh. Ini artinya bagi yang melaksanakan amalan ini dihitung sebagai pahala puasa yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Dilansir dari situs resmi Baznas, puasa Syawal dilaksanakan pada hari keenam di bulan Syawal, setelah Idulfitri. Dimulai dari tanggal 2 hingga 7 syawal. Ini karena pada tanggal 1 Syawal atau Idulfitri diharamkan berpuasa.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menyatakan pendapat Imam Ahmad bahwa boleh berpuasa Syawal secara berurutan, boleh juga tidak berurutan.
Tetapi yang paling utama adalah secara tidak berurutan.

Hukum tersebut dipertegas oleh Mazhab Imam Syafii dan Hanafi, bahwa puasa Syawal lebih utama dilakukan secara tidak berurutan.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 terbitan Kementerian Agama dan sidang isbat, tahun ini Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu, (10/4).

Sehingga waktu pelaksanaan puasa Syawal 2024 dapat dimulai pada hari Kamis, (11/4).

PDAM Makassar