kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Profil Ramadhan Sananta Pencetak 2 Gol di Final SEA Games

banner 468x60

KabarMakassar.com — Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan atas Thailand di babak final SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5), dimana Indonesia mampu unggul 5-2 atas Thailand.

Indonesia membuka keunggulan lewat gol pada menit ke 20, saat bola yang disundul Ramadhan Sananta hasil umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga mengarah ke gawang Thailand lalu mengenai bagian paha bek Songchai Thongcham dan masuk ke gawang sendiri. Gol ke dua untuk Indonesia terjadi pada menit ke 45+4. Tendangan Ramadhan Sananta hasil umpan jarak jauh Rizky Ridho kembali mampu mengelabui kiper Thailand.

Pemprov Sulsel

Sosok Sananta pun sukses mencuri perhatian. Sehingga menjadi top scorer sepak bola di ajang SEA Games 2023.

Berikut profil Sananta peraih top score sepak bola SEA Games yang dilansir dari berbagai sumber :

Muhammad Ramadhan Sananta merupakan pemain sepak bola Indonesia yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga 1 PSM Makassar. Ia juga meramaikan skuad Tim Nasional Indonesia. Ia bahkan menjadi pahlawan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja.

Musim 2022-2023 ini tampaknya menjadi tahun yang mengubah karier sepak bola bagi seorang Ramadhan Sananta. Pada musim lalu, pemain berusia 21 tahun ini menjadi bintang Tim Juku Eja dan sukses merebut top skor klub dengan total 11 gol dalam 23 penampilan di Liga 1.

Torehan tersebut sontak membuat namanya menjadi perbincangan. Karena performa menterengnya itu pula yang membuat namanya dipercaya pelatih Indra Sjafri masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Lahir di Lingga, Kepulauan Riau, Muhammad Ramadhan Sananta mengeyam pendidikan sepak bola di Asians Schools Football pada 2019.

Tahun berikutnya, pemain 20 tahun tersebut bergabung dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kepulauan Riau dan bermain di sana selama dua tahun.

Pada tahun 2021 karier profesional Ramadhan Sanata dimulai. Di tahun tersebut ia bergabung dengan PS Harjuna Putra yang bermain di Liga 3 (Divisi 3) dan berhasil mencetak 9 gol dari 12 penampilannya.

Gemilang bersama PS Harjuna Putra, di tahun yang sama ia meneken kontrak dengan Persikabo 1973 dan bermain di Liga 1. Namun di sana ia tak mendapatkan banyak kesempatan bermain dan baru menjalani debut pada 3 Februari 2022 ketika melawan Bali United di Stadion Ngurah Rai, Denpasar.

Bersama Persikabo 1973, Ramadhan Sananta hanya bermain sebanyak empat penampilan saja.

PDAM Makassar