kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Prabowo Optimis Semua Survei Menang Satu Putaran

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden no urut 2 Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka hadir saat Konsolidasi Pemenangan Prabowo-Gibran. (Dok: TKN Prabowo - Gibran)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto semakin optimistis akan menang satu putaran pada Pilpres yang dihelat 14 Februari mendatang.

“Kita tidak, kita tidak akan dua putaran, satu putaran. Semua, semua survei sudah mengatakan kita akan satu putaran,” klaim Prabowo saat menyapa Relawan TKD se-Kalimantan Selatan, di GOR Rudy Resnawan, Sabtu (20/1) seperti dikutip di CNNIndonesia.com.

Pemprov Sulsel

Ia menyatakan pemungutan suara Pemilu 2024 tinggal 24 hari lagi. Prabowo pun meminta dukungan dari masyarakat Kalimantan Selatan untuk memenangkannya.

“Kalau sekarang baru 50 persen koma berapa, saya minta dalam 24 hari harus naik, kalau bisa kembali 65 persen saudara saudara sekalian. Sanggup? bisa?” kata Prabowo.

Ia juga meminta para pendukungnya yang hadir untuk meyakinkan orang dan lingkungan terdekat agar memilih paslon nomor 2 dalam Pilpres.

“Kalau saudara-saudara semuanya bekerja dalam 24 hari ini, yakinkan tetangga-tetanggamu, yakinkan keluargamu semuanya, yakinkan lingkunganmu, sampaikan kalau kita mau, kalau anak-anakmu mau hidup lebih baik, pilih nomor dua saudara sekalian,” katanya.

Dimana menurut Pasal 416 Ayat (1) UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, syarat pemilu satu putaran adalah kemenangan lebih dari 50 persen.

“Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20% (dua puluh persen) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia,” demikian bunyi pasal tersebut.

Sementara, sejumlah hasil survei terbaru dari lembaga survei yang resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran belum ada yang mencapai angka 50 persen.

Indikator Politik Indonesia mencatat tingkat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mencapai 48,55 persen.

Posisi kedua ditempati oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 24,17 persen. Capaian itu sekaligus mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang hanya 21,60 persen.

Lalu, survei terbaru yang dilakukan Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas Prabowo- Gibran sebesar 46,7 persen, lalu Anies-Muhaimin sebesar 26,9 persen dan Ganjar-Mahfud sebesar 20,6 persen.

Jikapun ada survei yang mengklaim kemenangan Prabowo-Gibran lebih dari 50 persen, itu cuma datang dari lembaga yang belum masuk daftar resmi KPU.

Yakni, pertama, Survey and Polling Indonesia (SPIN) yang memenangkan paslon nomor urut 2 di angka 50,9 persen per awal Januari.

Kedua, Center for Political Communication Studies (CPCS) yang mencatatkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul 50,3 persen pada November 2023 dan 51,7 persen pada Desember 2023.

PDAM Makassar