kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Prabowo-Gibran Menang di Sulsel

Prabowo-Gibran Menang di Sulsel
Pasangan Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Foto dok TPN Prabowo Subianto-Gibran
banner 468x60

KabarMakassar.com – Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam perolehan suara di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dimana hal itu sesuai hasil rekapitulasi tingkat Provinsi Sulsel, yang selesai dilakukan oleh KPU pada Senin (11/3) malam di Hotel Claro Makassar jalan AP Pettarani.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran memperoleh memperoleh 3.010.726 suara atau 57,02 persen di Sulsel. Sementara, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 2.003.081 suara atau 37,93 persen. Suara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran selisih 1.007.645 suara.

Pemprov Sulsel

Sedangkan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat 265.948 suara atau 5,03 persen persen. Hasil tersebut dibacakan oleh KPU usai rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi untuk Pilpres 2024.

Anggota KPU Sulsel, Ahmad Adiwijaya mengatakan KPU Sulsel, telah menyelesaikan hasil rekapitulasi yang berlangsung selama kurang lebih 9 hari. Dimana dimulai sejak tanggal 3-11 Maret 2024.

Menurut dia, hasil akhir sinkronisasi atau finalisasi dari rekapitulasi berjenjang, pihaknya akan menyampaikan secara langsung ke KPU RI pada Rabu 13 Maret 2024 untuk pleno di tingkat nasional.

“Setelah selesai tahapan rekapitulasi hasil pemilu (pileg dan Pilpres) di tingkat Sulsel. Kami rencana akan menghantarkan langsung ke KPU RI pada Rabu 13 Maret besok. Selanjutnya untuk pleno tingkat nasional,” ujar Ahmad.

Menurut dia, hasil dari pleno adalah kewenangan KPU RI untuk menetapkan. Baik capres dan caleg semua tingkatan. Karena tugas KPU daerah hanya sinkronisasi dan rekapitulasi berjenjang.

“Jadi, hasil akhir capres dan caleg terpilih KPU RI tetapkan. Meskipun sudah ditau siapa saja terpilih pada rekapitulasi berjenjang,”terangnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan bahwa jagongnya menang di Sulsel karena melihat sosok dua tokoh yang begitu dikenal oleh rakyat Indonesia Timur khususnya di Sulsel.

“Alhamdulillah, Prabowo-Gibran menang disusul raihan suara hasil Pileg untuk tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI,”ujarnya kepada kabarmakassar.com, Rabu (13/3).

Hal senada ditambahkan oleh Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran, Dharmawangsa Muin. Wakil Ketua DPRD Sulsel itu mengucapkan rasa syukurnya atas hasil C1 dan D-hasil yang memperlihatkan keunggulan pasangan Prabowo-Gibran di Sulsel.

“Sebagai kader Gerindra dan TKD Prabowo-Gibran, tentunya merasa bersyukur alhamdulillah dari hasil rekapitulasi memberikan gambaran paslon 02 menang di Sulsel hasil pilpres 2024,” kata Darmawangsyah.

Karena itu, dia berterima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi yang telah memberikan dukungannya kepada Prabowo-Gibran. Apalagi hasil ini kata dia adalah kerja keras TKD, partai koalisi dan tim serta relawan.

PDAM Makassar