kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

PP IPMIL Luwu Demo, Desak BPK dan KPK Periksa Mantan Bupati

PP IPMIL Luwu Demo, Desak BPK dan KPK Periksa Mantan Bupati
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Massa aksi dari Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa (PP IPMIL) Luwu melakukan demonstrasi di depan Kantor BPK Sulawesi Selatan, Makassar, Jumat (22/03).

Aksi demontrasi ini mendesak KPK untuk segera turun ke Kabupaten Luwu atas dugaan korupsi berjamaah atas hutang yang melilit Pemda Luwu.

Pemprov Sulsel

Koordinator lapangan aksi, Muhammad Ammar Fahmi mengatakan aksi demontrasi yang dilakukan atas dasar keresahan rakyat yang ditinggalkan beban utang oleh mantan Bupati Luwu.

“Kami mendesak BPK Sulsel bersama KPK untuk segera ke kabupaten Luwu memeriksa mantan Bupati Luwu (Basmin Mattayang) sebab kuat dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi”, ungkapnya, Jumat (22/03).

Menurutnya, kondisi di Kabupaten Luwu sangat memperihatinkan dimana dalam APBD tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Luwu disebut memiliki hutang senilai Rp.13 Miliar.

Hutang itu kemudian diduga membengkak mencapai Rp. 43 Miliar yang berasal dari kalkulasi hutang anggaran Pilkada Luwu 2024 sebesar 17 Miliar lebih dan juga berasal dari hutang pekerjaan APBD tahun 2023

Selain itu, pihaknya juga mendesak Pemda dan DPRD Luwu untuk menghentikan upaya penjualan aset dan meminta transparansi Pemda terkait dana hibah dari PT. Masmindo.

“Kami juga memberi alarm keras kepada pemda dan DPRD Luwu untuk segera menghentikan upaya penjualan aset jalan kepada PT. Masmindo, sebab menjual aset daerah sama saja dengan menjual rakyat Luwu.
Soal utang Daerah, mantan Bupati Luwu lah yang mesti bertanggung jawab menyelesaikan soal tersebut”, pungkasnya

PDAM Makassar