kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Polres Jeneponto Jaring 190 Pengedara Selama Operasi Patuh Pallawa Digelar

banner 468x60

KabarSelatan.idKepolisian Resor (Polres) Jeneponto berhasil menjaring 190 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas selama operasi Patuh Pallawa 2023 digelar dibeberapa lokasi.

Dalam waktu sepekan, ratusan pengendara yang melakukan pelanggaran langsung ditindak tegas oleh petugas. Penindakan sendiri berupa sanksi teguran hingga sanksi tilang.

Pemprov Sulsel

Personel Polres Jeneponto Juga memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pentingnya tertib dalam berlalu lintas.

Rata-rata pengendara yang ditindak lantaran tak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI)

Selain itu, banyaknya pengendara yang melawan arah, tidak melengkapi diri dengan surat-surat berkendara serta kelengkapan kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar.

Hal itu pun diungkapkan Kasat Lantas Polres Jeneponto AKP Ibrahim usai memimpin operasi patuh di ruas jalan Pahlawan Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu. Selasa (18/7).

"Dari sekian banyak pelanggar yang terjaring petugas dilapangan selama pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa 2023, paling banyak didominasi pengendara roda dua seperti tidak menggunakan helm SNI, tidak punya SIM dan STNK dan juga boncengan lebih dari satu orang dan tidak menggunakan helm," ucapnya.

Bahkan pengendara juga kerap kali melanggar rambu lalu lintas.

"Hal itu paling sering kita temukan di ruas jalan sekitar tugu patung kuda Empoang, padahal disitu sudah jelas terpampang rambu lalulintas di larang masuk," tambah Ibrahim.

Ibrahimjuga menuturkan, pihaknya secara rutin menggelar razia kendaraan baik pagi, siang atau pun sore hari dengan tempat yang berbeda diberbagai ruas jalan di wilayah Kabupaten Jeneponto.

Oleh karena itu, Ibrahim menghimbau agar warga atau pun pengendara dapat meningkatkan kembali kesadaran akan keselamatan dalam berlalu lintas, termasuk dengan edukasi dalam berkendara.

"Dalam operasi patuh ini, setiap pelanggaran ringan kita berikan penindakan berupa teguran lisan simpatik dan pelanggaran lebih dari satu kita lakukan penilangan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas,demi keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lainnya," terang Mantan Kasat Lantas Polres Enrekang ini.

Diketahui, jajaran Polres Jeneponto menerjunkan sekitar 50 personel dalam pelaksanaan operasi Patuh Pallawa yang digelar selama 14 hari. Mulai  10 hingga 23 juli 2023 mendatang dan serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

PDAM Makassar