kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

PNUP Gelar Program Pengabdian Masyarakat Internasional Kolaborasi 3 Negara

banner 468x60

KabarMakassar.com — Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sukses melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Internasional yang melibatkan 2 universitas dari Singapora dan Thailand serta UKM Sahabat Inovasi Cemerlang (SIC) di Desa Aeng Toa, Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Indonesia pada tanggal 19 November 2023 lalu sebagai rangkaian 5 hari kegiatan International Scientific Event.

Kegiatan ini diikuti oleh 17 orang perwakilan dosen dan mahasiswa dari Politeknik Negeri Ujung Pandang, 21 orang perwakilan dosen dan mahasiswa dari Singapore Polytechnic (SP), Singapura dan satu orang dosen dari Chiang Mai Rajabhat University, Thailand.

Pemprov Sulsel

Dari Politeknik Negeri Ujung Pandang melibatkan 4 program studi yaitu Program Studi Teknologi Kimia Industri, Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan, Program Studi Analisis Kimia dan Program Studi Administrasi Bisnis.

Secara keseluruhan, kegiatan tersebut mencerminkan komitmen institusi dalam meningkatkan implementasi tridharma perguruan tinggi di tingkat internasional. Kegiatan ini merupakan bagian dari program strategis institusi yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman mahasiswa dan dosen serta memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi dosen untuk mentransfer pengetahuan kepada masyarakat, sambil juga meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat dengan melibatkan komunitas internasional.

Dengan mengangkat tema “Inovasi Pengolahan Produk Daun Bidara”, kegiatan ini bertujuan memberikan solusi pemecahan masalah bagi usaha kecil menengah di wilayah Sulawesi Selatan terkait dengan produksi, inovasi produk dan pemasaran produk olahan daun bidara.

Pada pengabdian ini perwakilan dosen Singapura, Mr. Jun Jie Heng dari program studi Perfumery & Cosmetic Science berbagi pengalaman praktisnya dalam pengembangan produk kosmetik dengan menggunakan bahan alam. Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan bagi masyarakat Desa Aeng Toa dan mahasiswa PNUP dan SP terkait inovasi pengembangan produk berbahan dasar Daun Bidara.

Kegiatan diseminasi (sharing session) mampu memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dari kedua negara karena melibatkan ahli dalam bidangnya antara lain Mr. Jun Jie Heng dari Singapura, Assoc. Prof. Naksit Panyoyai dari Thailand, Vilia Darma Paramita, S.TP., M.Food Sc., Ph.D, Tri Hartono, LRSC, M.Chem. Eng., Wahyu Budi Utomo, HND, MSc., Yuliani HR., S.T., M. Eng, Tjare Anugerah Tjambolang, S.E, M. Tour. Mgmt, masing-masing merupakan ahli dalam bidang kosmetik, kimia dan pemasaran.

Keberhasilan Politeknik Negeri Ujung Pandang dalam melaksanakan kegiatan internasional diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan reputasi internasional institusi tersebut.

Kerjasama dengan universitas asing, seperti Singapura dan Thailand, serta fokus pada program Pengabdian Masyarakat dengan inovasi pengolahan produk daun bidara, tidak hanya membuka peluang untuk pengembangan kerjasama internasional yang lebih luas, tetapi juga memberikan kualitas pendidikan yang lebih baik dengan pengalaman berharga bagi mahasiswa dan dosen. Melalui solusi konkret yang diberikan untuk usaha kecil menengah di Sulawesi Selatan.

PDAM Makassar