kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

PMU FIKP Unhas Gelar Workshop Publikasi Internasional

banner 468x60

KabarMakassar.com — Publication Management Unit (PMU) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Workshop Publikasi Internasional yang berlangsung di Ruang Sidang FIKP Unhas, Senin (19/06).

Diketahui publikasi internasional dibutuhkan sebagai salah satu syarat ujian mahasiswa Pascasarjana Unhas untuk menerbitkan paper pada Jurnal/prosiding yang terindeks Scopus/WoS. Hal ini lantas menjadi "challenge" bagi mahasiswa Pascasarjana Unhas selain pembuatan tesis/disertasi.

Pemprov Sulsel

Menerbitkan paper atau artikel ilmiah pada jurnal yg terindex Scopus bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi mahasiswa yang baru memulai dalam dunia penelitian dan penulisan. Untuk dapat diterbitkan pada jurnal bereputasi yang terindeks Scopus, paper yang ditulis tentunya harus berkualitas.

Publication Management Unit (PMU) hadir di setiap fakultas sebagai wadah untuk membantu civitas akademika untuk mempercepat penyelesaian studi melalui publikasi.

Dekan FIKP Unhas, Safruddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Publikasi di Jurnal Internasional menjadi faktor penting dalam dunia Ilmu dan mendukung capaian universitas sebagai world class university.

sementara itu, Ketua PMU FIKP Unhas, Dr. Khusnul Yaqin menyampaikan bahwa pelatihan ini membantu mahasiswa dalam penyelesaian studinya yang dipersyaratkan adanya publikasi makalah ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi

"PMU FIKP UNHAS menyelenggarakan Pelatihan Publikasi Jurnal Internasional. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa FIKP saja namun mahasiswa dari fakultas bahkan universitas luar seperti University Malaysia Terengganu dan University Teknologi Mara Serawak juga ikut serta pada kegiatan ini. Kegiatan ini juga diikuti oleh para peneliti hingga para dosen," ungkapnya.

Lebih lanjut Dr. Khusnul Yaqin, menjelaskan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk mencapai target FIKP dalam mempublikasi 160 makalah ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi

Adapun pelatihan tersebut dibawakan oleh Kepala Pusat manajemen publikasi Unhas, Prof. Dahlang T. Kegiatan berlangsung secara lancar dengan diikuti oleh 84 peserta.

Salah satu peserta Achdiat dari University Malaysia Terengganu menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena adanya tips dan trik dalam penulisan dan publikasi.

"Harapannya semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam hal publikasi," pungkasnya.

PDAM Makassar