kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

PKS Serahkan Rekomendasi untuk Arham-Rahmat di Pilkada Luwu

PKS Serahkan Rekomendasi untuk Arham-Rahmat di Pilkada Luwu
Presiden PKS Akhmad Syaiku (kiri) menyerahkan surat dukungan kepada bakal calon Bupati Luwu, Arham Basmin Mattayang di Jakarta (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi memberikan dukungan kepada pasangan Arham Basmin Mattayang dan Rahmat sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu dalam Pilkada Serentak 2024.

Surat dukungan PKS diserahkan oleh Presiden PKS, Akhmad Syaikhu, di Jakarta. Dimana Akhmad Syaikhu meminta seluruh kader PKS ikut memenangkan jagoannya tersebut di Pilkada Luwu.

Pemprov Sulsel

“Alhamdulillah saya, Akhmad Syaikhu Presiden PKS hari ini akan memberikan surat keputusan DPP PKS tentang bakal calon bupati dan calon wakil bupati Luwu Provinsi Sulawesi Selatan keapda bapak Andi Muhammad Arham Basmin,” kata Akhmad Syaikhu dalam rekaman video yang dirilis pada Selasa (09/07) malam.

PKS meraih 1 kursi di DPRD Luwu hasil Pemilu 2024. Untuk maju Pilkada Luwu tahun ini, setiap paslon harus didukung minimal 7 kursi partai di parlemen setempat.

Duet Arham-Rahmat juga telah memastikan dukungan Partai Nasdem yang punya 6 kursi di DPRD Luwu. Dengan begitu, syarat pencalonan duet ini sudah cukup untuk mendaftar ke KPU Agustus nanti.

Akhmad Syaiku menandaskan bahwa dukungan PKS menjadi awal kemenangan bagi Arham Basmin bersama partainya dan Rahmat.

“Selamat berjuang dan kepada seluruh kader dan simpatisan PKS mari kita all-out memenangkan calon bupati wakil bupati usungan PKS untuk bisa menjadi bupati,” tandas Akhmad Syaikhu.

Selain di Luwu, PKS dan Nasdem juga bakal membangun koalisi pada beberapa daerah di Sulsel seperti di Pilkada Sinjai dan Selayar.

Bakal calon Bupati Luwu, Arham Basmin Mattayang (ABM) hampir dipastikan berpaket dengan Rahmat tokoh asal Walmas jelang kontestasi Pilkada Luwu pada 27 November 2024 mendatang.

”Jadi Insya Allah jika terpiilih kelak tidak ada konflik di tengah jalan. Dengan Pak Rahmat, saya yakin kami berdua akan sering sejalan untuk membangun Kabupaten Luwu ke depan,”ucap ABM kepada kabarmakassar.com.

Diketahui, Rahmat yang akrab disapa Kapten saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Luwu dari Partai Demokrat. Ia dikenal sebagai tokoh sederhana dan merakyat di daerah Walmas.

Rahmat masih punya hubungan keluarga dekat dengan mantan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak. Arham mengatakan, untuk membangun Kabupaten Luwu diperlukan pemimpin yang bersinergi.

”Saya dan Pak Rahmat sudah sepakat tak ingin meninggalkan satu sama lainnya jika kami diberikan amanah memimpin Kabupaten Luwu,” kata mantan Ketua KNPI Sulsel ini.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menetapkan Arham Basmin Mattayang dan Rahmat sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2024.

Dimana pasangan Arham-Rahmat diputuskan dalam rapat pleno DPD Nasdem Luwu di Belopa, Senin (20/5) lalu.

“Dengan ucapan Bismillahi Rahmani Rahim, DPD Partai Nasdem Luwu kita tetapkan Arham Basmin Mattayang sebagai calon Bupati Luwu dan Rahmat sebagai calon Wakil Bupati Luwu untuk Pilkada Serentak tahun 2024,” kata Basaruddin, dilanjutkan mengetok palu sebagai tanda penetapan pasangan calon bupati dan wakil jagoan Nasdem.

Sekretaris DPD Nasdem Luwu Adiatma saat dikonfirmasi, Selasa (21/5) mengatakan, ABM akronim Arham Basmin Mattayang merupakan kader terbaik dari partai, selain menjabat sebagai Ketua Nasdem Luwu.

“Sesuai instruksi dari DPW Nasdem, agar mengusung kader terbaik yang partai miliki. Dan ABM merupakan kader Nasdem yang berpotensial untuk diusung sebagai calon Bupati Luwu pada pilkada nanti,”ujar Adiatma.

Adapun Rahmat, diduetkan dengan ABM karena faktor ketokohan serta intensitas komunikasi antara Nasdem dengan politis Demokrat tersebut. Rahmat tercatat sebagai Anggota DPRD Luwu 3 periode.

“Ini membuktikan dan sebagai pertimbangan kami di Nasdem untuk mengusung Rahmat,” tandas Adiatma.

Nasdem bisa langsung mendaftarkan Arham-Rahmat ke KPU Luwu pada 27 Agustus jika mampu menambah 1 partai untuk berkoalisi.

Partai besutan Surya Paloh itu memiliki 6 kursi di DPRD Luwu hasil Pemilu 2024. Sesuai aturan, setiap pasangan bacalon bupati usungan partai politik di Luwu, harus mengantongi dukungan minimal 7 dari 35 kursi di DPRD Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

PDAM Makassar