kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pj Bupati Jeneponto Temui Danny Pomanto, Ini yang Dibahas!

Pj Bupati Jeneponto Temui Danny Pomanto, Ini yang Dibahas!
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri menemui Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto di kediamannya Jl. Amirullah, Minggu (31/3).

Dalam kunjungannya, Junaedi Bakri menjelaskan tujuannya menemui Danny Pomanto adalah untuk memberikan gambaran umum terkait potensi yang dimiliki oleh daerah Jeneponto kepada Walikota Makassar.

Pemprov Sulsel

Menurutnya, potensi Kabupaten Jeneponto yang dijuluki Butta Turatea, sangat paripurna. Mulai dari potensi hasil perikanan terdapat pesisir yang membentang dari timur kebarat sekitar 114 Km, serta potensi hasil-hasil pertanian tanaman pangan yang tersebar di 11 Kecamatan.

Termasuk sambungnya, tanaman hortikultura yang memang selama ini mensuplay beberapa daerah khususnya Kota Makassar bahkan hingga keluar pulau Sulawesi.

Akan tetapi, jika kita melihat data BPS, Kabupaten Jeneponto masih memiliki pekerjaan rumah.

Dimana kata Junaedi, pertumbuhan ekonomi di Jeneponto sangat rendah, itu pun hanya sekitar 1,9 persen.

Terlebih lagi, angka kemiskinan yang masih relatif tinggi termasuk angka stunting hingga IPM yang masih perlu dipacu kecepatan tumbuhnya.

Namun untuk menyelesaikan persoalan sosial dan ekonomi yang berada di daerah ini, salah satu upaya yang harus dilakukan yakni membuka diri, dengan cara mewujudkan kerjasama antar daerah.

“Pemerintah tidak boleh membiarkan para petani dan pedagang khususnya pelaku UMKM bekerja sendiri, kita ini harus ada keberpihakan karena kegiatan usaha merekalah yang memberikan andil terbesar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Jeneponto” terang Edi, sapaan akrab Pj. Bupati Jeneponto.

Melihat kondisi tersebut, Kota Makassar sebagai pasar empuk seluruh hasil-hasil potensi sumber daya alam dari seluruh daerah di Sulawesi Selatan.

“Oleh karena itu, Saya bersama jajaran perangkat daerah terkait menemui Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto,” bebernya.

Bagai gayung bersambut Danny menyambut baik apa yang diharapkan oleh Pemkab Jeneponto.

“inimi yang begini saya tunggu-tunggu, Pemkot ini banyak-banyak Kerjasama keluar negeriji, padahal ada potensi Kerjasama antar daerah yang bisa saling memperkuat kedua daerah yang bekerjasama” celetuk Danny.

Berdasarkan pengalamannya, Danny bercerita tentang pengalamannya dibeberapa kunjungan resmi keberbagai negara dengan jamuan menu hidangan rata-rata ada di Jeneponto dan sangat potensi untuk dikembangkan.

Lebih lanjut, Dhani menambahkan bahwa warga Kota Makassar ini sebagian besar dari Jeneponto sehingga kita berharap hubungan emosional yang terbangun sejak lama kita buat dalam bentuk Kerjasama yang saling mensupport pada akhirnya akan ada kepastian bagi Masyarakat khususnya petani, nelayan dan pelaku UMKM.

Bahkan Danny Pomanto mengaku akan segera membangun Gudang untuk menampung produk-produk bahan pangan starategis dari Jeneponto, yang akan dikerjasamakan dengan Perusda Kota Makassar,” tutur Danny Pomanto.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut pejabat dari Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov. Sulsel Drs. Abd. Azis Bennu.

PDAM Makassar