kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

PIM Bulukumba Dilantik, Andi Utta Minta Sinergi dengan Pemda

banner 468x60

KabarSelatan.id — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Cabang Perempuan Indonesia Maju (DPC-PIM) Kabupaten Bulukumba periode tahun 2023-2027, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (6/2).

Organisasi perempuan yang terdiri dari berbagai profesi ini dipimpin oleh Hj. Hilmiaty Asip selaku Ketua DPC PIM Bulukumba, Sekretaris, A. Nurul Syurtiani dan Bendahara Hj. Nirfawana.

Pemprov Sulsel

Ketua Panitia Pelaksana Ayu Lestari Hidayat menyampaikan bahwa ruang untuk berkontribusi dalam membangun negeri adalah milik semua.

Oleh karena itu, harapan dengan terbentuknya organisasi Perempuan Indonesia Maju di Kabupaten Bulukumba bisa menjadi bagian dalam memajukan bangsa Indonesia, khususnya daerah yang dimulai dari keluarga yang terbina dari seorang ibu terhadap anak-anaknya, hingga lingkungan sekitar.

“Selain itu, perempuan juga diharapkan memiliki peranan dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pemberdayaan UMKM dapat membawa peran besar dan efek ganda pada perekonomian,” ungkapnya.

Ketua PIM Bulukumba Hilmiaty Asip mengemukakan, jika organisasi yang dipimpinnya saat ini adalah wadah yang menghimpun perempuan dari berbagai profesi, seperti ibu rumah tangga, ada pengacara, ada tenaga kesehatan dan guru, dan sebagai pelaku usaha.

“Wadah ini cukup heterogen, karena anggotanya adalah orang-orang yang peduli akan organisasi kemasyarakatan bagi perempuan Indonesia agar bisa lebih maju, kreatif dan berprestasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, khusus untuk PIM Bulukumba, struktur bidang di organisasi ini disesuaikan dengan potensi daerah, misalnya bidang pariwisata, UMKM, seni dan budaya, pendidikan dan pelatihan, vokasi, pertanian serta bidang lain yang mendukung sumber daya alam Bulukumba.

“Kami dengan senang hati dan terbuka untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan kegiatan pemberdayaan perempuan, terutama dalam peningkatan taraf hidup perempuan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPD PIM Sulawesi Selatan, Ida Noer Haris mengapresiasi pelaksanaan pelantikan pengurus yang meriah dan dihadiri oleh pemangku kepentingan seperti bupati dan unsur Forkopimda. Menurutnya PIM hadir dengan misi pemberdayaan perempuan.

“Memberdayakan perempuan itu artinya sama dengan memberdayakan semuanya. Sehingga tidak salah dalam agama mengatakan jika baik perempuan itu, maka baiklah negara itu,” beber mantan Ketua IWAPI dua periode ini.

Dikatakan, bahwa salah satu program unggulan dari PIM adalah program lingkungan hidup, dimana perempuan dilatih mengelola sampah menjadi pupuk cair organik agar tidak masuk di tong sampah dan berakhir di TPA.

“Nanti PIM akan memberikan pelatihannya kepada ibu-ibu setiap kecamatan,” kata Ida.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi kehadiran PIM Bulukumba dalam rangka pemberdayaan perempuan. Ia berharap PIM Bulukumba membantu dan bersinergi dengan program pemerintah daerah.

“Tidak mungkin saya pribadi mampu menyelesaikan semua permasalahan, tentu kita membutuhkan peran peran lembaga seperti PIM untuk kegiatan pemberdayaan perempuan,” ungkap Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Perempuan Bulukumba, kata Andi Utta sudah seharusnya lebih banyak menampilkan karya berdasarkan potensinya, bukan menghabiskan waktu untuk membicarakan hal-hal yang tidak produktif. Olehnya itu, ia pun menantang PIM Bulukumba hadir untuk membantu menyukseskan program pemerintah, seperti dalam hal memperkuat ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang tidak produktif.

“Keberadaan PIM Bulukumba diharapkan membantu mengatasi persoalan-persoalan di tengah-tengah masyarakat melalui kerja-kerja usaha produktif yang bernilai ekonomi,” pintanya.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Andi Buyung Saputra, Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas dan berbagai organisasi masyarakat dan OKP yang ada di Bulukumba.(*)

PDAM Makassar