kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pilkada Enrekang : Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Siap Lawan Kotak Kosong

Pilkada Enrekang : Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Siap Lawan Kotak Kosong
Bakal calon Bupati Enrekang Muh Yusuf Ritangnga (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Enrekang Muh. Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang La Tinro bersedia menghadapi kotak kosong jika semua partai politik menyatu mengusungnya.

Dimana jagoan Partai Nasdem itu akan menghadapi apapun dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Enrekang, Sulsel, yang dihelat 27 November mendatang.

Pemprov Sulsel

Yusuf Ritangnga juga menyinggung hal tersebut usai mengikuti uji kelaikan dan kepatutan bakal calon kepala daerah yang digelar Partai Demokrat Sulsel di Kota Makassar, Minggu (2/6).

Di depan wartawan, Yusuf mengaku sudah mengantongi surat rekomendasi Nasdem yang punya 9 kursi di DPRD Enrekang hasil Pemilu 2024.

Dengan ini, ia bersama Tenri Liwang sudah cukup untuk mendaftar di KPU pada Agustus nanti. Pasangan ini juga telah melamar semua partai, kecuali Partai Amanat Nasional (PAN), yang tidak membuka penjaringan bakal calon Bupati Enrekang karena akan mengusung Mitra Fakhruddin.

“Kita mendaftar di seluruh parpol di tingkat DPC Enrekang. Tapi baru di tingkat dpw-nya kita berhubungan Demokrat,” kata Yusuf, kepada awak media, Senin (3/6).

Selain itu, Yusuf mengaku mendaftar ke sejumlah partai bukan untuk menjegal calon lain. Tapi, jika partai menghendaki, maka peluang melawan kotak kosong bisa terjadi.

“Kita tidak pernah berpikir melawan kotak kosong, tapi kalau pun semua partai memberi kepercayaan kepada kita, kenapa tidak?” tegas Yusuf.

Diketahui, Pilkada Enrekang punya sejarah pertarungan calon tunggal melawan kotak kosong. Itu terjadi pada Pilkada 2018. Saat itu, duet Muslimin Bando-Asman menumbangkan kotak kosong.

Kini, Yusuf-Tenri Liwang yang berpeluang mengulang sejarah tersebut. Yusuf menegaskan sejak awal sudah siap lahir dan batin menatap Pilkada Enrekang 2024.

“Intinya kita berniat maju calon bupati. Kita sudah siap, sejak awal jalan kita juga sudah siap,” terang Yusuf juga kader Nasdem di Bumi Massenrempulu.

Meski sudah mengantongi rekomendasi Nasdem, Yusuf-Tenri Liwang tetap berharap diusung Partai Demokrat yang punya 2 kursi di DPRD Enrekang.

Menurutnya, Demokrat merupakan partai yang punya basis pemilih di Enrekang. Partai berlambang bintang mercy juga dianggap memiliki legislator yang kuat di parlemen untuk mengawal pembangunan.

“Kenapa harus Demokrat karena kita tahu, kekuatan Demokrat di Enrekang itu sangat besar, baik kadernya, baik anggota legislatifnya sangat kuat. Jadi kita sangat berharap bisa berjuang bersama Demokrat,” kata Yusuf.

PDAM Makassar