kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Piala Adipura ke-7 Diarak Keliling Turikale, Maros

banner 468x60

KabarMakassar,com — Piala Adipura yang diraih Maros untuk ke-7 kalinya ini diarak keliling Kota Maros seusai Apel Pagi, Senin (06/03), dengan mengambil rute melintasi jl asoka, jlsudirman, jl Cempaka, Jl Melati, Jl Takwa, Jl Sejahtera, JlHasanuddin putat ke Jl.Nangka , Jl Gladiol, Jl. Azalea dan berakhir di depan Kantor Bupati. 

Arak-arakan pun disambut meriah oleh masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui, mulai dari anak sekolah dan berbagai kalangan. 

Pemprov Sulsel

Setibanya di Loby Kantor Bupati, Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam mengatakan piala adipura ke-7 ini merupakan kali pertama tahun ke-2 kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari.

Bupati juga menyampaikan, arak-arakan piala adipura kategori kota kecil tahun 2022 ini sebagai ekspresi rasa syukur  atas kerja keras dan kolaborasi seluruh OPD terutama Dinas  Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) serta masyarakat  selama ini untuk menjaga dan membersihkan Kabupaten Maros.

Dengan itu, petugas kebersihan DPKPLH Kabupaten Maros mendapatkan Bonus berkisar Rp 30-40 jt bagi 420 tenaga kebersihan. 

Untuk mempertahankan status sebagai kota Adipura ini, Pemkab telah meluncurkan program 1 Desa 1 Bak Sampah, terdapat 40 Desa menjadi Pilot Project untuk Program ekologi dalam penanganan sampah. Melalui program ini, diupayakan tahun 2023 dapat mengurangi sampah ke TPA. 

“Program Ekologi 1 Desa 1 Bak Sampah, 40 Desa telah jadi pilot project program ini, Pemkab  telah menyediakan anggaran Rp 22Jt per Desa,” pungkasnya.

Pemkab juga telah menyediakan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan.

“InsyaAllah tahun 2023 ini, kita program pengurangan sampah ke TPA, telah ada TPS3R, Telah ada 11 Bak sampah disediakan developer Perumahan, dan program ekologi 1 Desa 1 Bak Sampah telah berjalan” ungkap Bupati. 

PDAM Makassar