kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Peringatan Hari Waisak Diramaikan Dengan Festival Between The Lines

banner 468x60

KabarMakassar.com — Peringatan Hari Waisak 2023 diramaikan dengan perayaan Festival Waisak yang berlangsung di Mall Pipo, Makassar.

Festival Waisak dengan tema "Between the Lines'" itu digelar mulai tanggal 27 Mei hingga 04 Juni 2023 mendatang, berbagai agenda kegiatan mulai dari dialog hingga pameran kitab, sejarah Hinga replika patung Budha.

Pemprov Sulsel

Divisi Pendidikan dan Pelatihan Permabudhi Makassar, Aryanto Sultanry mengatakan Festival Waisak kali ini digelar dengan tujuan untuk memberikan kesempatan umat Budha sebagai agama minoritas menjalankan ibadah mereka.

Hari Waisak sendiri kata Aryanto merupakan hari raya suci untuk memperingati 3  peristiwa penting yakni lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 sebelum masehi, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 sebelum masehi dan Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 sebelum masehi

"Ini dilakukan sebagai bagian dari memperingati  tiga peristiwa yakni lahirnya Budha Sidharta Gautama, Penerangan Agung dan Wafatnya Budha," ungkapnya saat ditemui, Jumat (02/06).

Selanjutnya Aryanto menjelaskan 'Between the Lines' sebagai tema Festival Waisak tahun ini memiliki makna dua garis yakni garis kelahiran dan kematian yang harus diingat dalam kehidupan.

"Between the Lines itu merupakan antara dua garis yah ini garis kelahiran dan kematian," pungkasnya.

Ia pun berharap dengan adanya Festival Waisak kali ini dapat memberikan banyak pengetahuan dan sejarah tentang umat Budha.

"Harapannya bagaimana umat Budha ini dengan adanya pameran sejarah ini bisa kembali mengetahui tentang Budha," jelasnya.

PDAM Makassar