kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Peringatan Hari Bumi 22 April, Kenali Sejarah, Tema dan Tujuannya

Peringatan Hari Bumi 22 April, Kenali Sejarah, Tema dan Tujuannya
Ilustrasi Bumi (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pada 22 April 2024, dunia merayakan Hari Bumi dengan fokus yang teguh pada tema “Planet vs. Plastics”.

Tema “Planet vs Plastic” Hari Bumi tahun ini bukan sekadar peringatan, tapi juga ajakan kepada seluruh dunia untuk mengambil tindakan nyata. Plastik, bahan yang dulunya dianggap praktis dan murah, kini menjadi musuh menakutkan bagi lingkungan. Bahkan, plastik yang menjadi bahan yang memudahkan dan praktis. Kini menjadi ancaman bagi kesehatan lingkungan.

Pemprov Sulsel

Simak penjelasan berikut ini, terkait Sejarah Hari Bumi 2024, lengkap dengan tema serta tujuannya:

Sejarah Hari Bumi

Dikutip dari laman Earthday.org, sejarah Hari Bumi dimulai dari kekhawatiran masyarakat di Amerika Serikat. Polusi yang awalnya dinilai sebagai bau kemakmuran karena banyaknya mobil yang dibuat saat itu.

Masa itu pun berubah menjadi masalah serius akibat konsumsi bahan bakar yang besar dan limbah industri yang tidak terkendali. Kesadaran masyarakat pun saat itu belum ada.

Puncaknya, pada tahun 1962, terbitlah buku “Silent Spring” karya Rachel Carson yang memicu kesadaran publik tentang bahaya polusi terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Hari Bumi pertama kali muncul dari Senator Gaylord Nelson, yang terinspirasi oleh gerakan mahasiswa yang menentang perang dan kekhawatiran akan lingkungan. Ia ingin menggabungkan energi dari protes mahasiswa dengan kesadaran masyarakat tentang polusi udara dan air.

Bersama dengan Denis Hayes, seorang aktivis muda, mereka mengorganisir acara pengajaran di kampus-kampus dan memilih tanggal 22 April sebagai Hari Bumi, yang kemudian menjadi perhatian nasional dan menarik perhatian seluruh negara.

Hari Bumi pertama kali dirayakan pada tahun 1970, di mana 20 juta orang Amerika berpartisipasi dalam demonstrasi untuk menentang dampak negatif dari perkembangan industri yang telah meninggalkan dampak serius bagi kesehatan manusia. Disinilah Hari Bumi menjadi gerakan global menyuarakan perlindungan lingkungan dan kesehatan manusia.

Tema Hari Bumi 22 April 2024

Masih dikutip dari situs Earthday.org,Hari Bumi tahun ini berfokus pada tema “Planet vs. Plastics”. Tema ini sebagai komitmen untuk mengakhiri penggunaan plastik demi kesehatan manusia dan planet kita.

Earthday.org menyerukan tindakan yang berani untuk mengurangi produksi semua jenis plastik sebanyak 60% pada tahun 2040. Tujuan ambisius ini didukung oleh upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko kesehatan yang terkait dengan plastik.

Tujuan Peringatan Hari Bumi

Peringatan Hari Bumi tahun ini, secara khusus bertujuan untuk segera meningkatkan kesadaran masyarakat, menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dan mendesak untuk adopsi Perjanjian PBB m tentang pencemaran plastik. Masih dikutip dari laman Earthday.org, bertujuan sebagai seruan untuk mengakhiri praktik fast fashion yang merugikan lingkungan.

Kampanye Planet vs Plastik adalah seruan untuk mengangkat senjata, sebuah tuntutan agar kita bertindak sekarang untuk mengakhiri momok plastik dan menjaga kesehatan setiap makhluk hidup di planet kita.

PDAM Makassar