kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Perdana, Rute Penerbangan Makassar-Banjarmasin Buka Tiap Hari

Perdana, Penerbangan Rute Makassar-Banjarmasin Buka Tiap Hari
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyapa para penumpang perdana rute Makassar-Banjarmasin sebelum take off di Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu, (3/4).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Rute penerbangan Makassar-Banjarmasin telah beroperasi perdana pada Rabu, (3/4). Layanan bakal dilakukan setiap hari melalui maskapai Lion Air.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin beserta Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menjadi pencetus atas rute penerbangan tersebut.

Pemprov Sulsel

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menyampaikan hingga 2023 lalu belum ada pesawat langsung dari Kalimantan Selatan ke Sulawesi Selatan ataupun sebaliknya.

“Hasil penelusuran saya ada 500.000 paling tidak warga kita Sulsel yang sudah tinggal dan beranak pinak disana. Menurut saya potensi untuk menghubungkan secara langsung, makanya begitu saya dapat penugasan di Sulsel saya bilang kepada Pak Gubernur kenapa kita tidak buka? kita minta, dan ternyata yang merespon pertama itu Lion,” bebernya.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan bahwa ide membuka jalur penerbangan tercetus guna mendukung masyarakat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) juga untuk memperluas integrasi ekonomi terkhususnya bagi Bugis Makassar yang berada di Kalimantan dari ratusan tahun lalu.

“Pulau-pulau kita di Kalmas Pangkep sebelahnya Batulicin, sebelahnya itu Kalimantan Selatan. Jadi dari sisi laut, kita selama ini interaksi dengan Kalimantan Selatan. Jadi nelayannya Kalimantan Selatan itu orang-orang dari Bugis Makassar juga,” terangnya.

Ia menambahkan perlu armada penerbangan yang mendukung peningkatan pelayanan publik.

“Bagi kami Sulsel, ini bukan sekedar peluang ekonomi tapi ini merupakan jembatan keluarga. Jadi erat lagi hubungannya dengan Kalimantan Selatan,” tandasnya.

Salah satu penumpang perdana rute Makassar-Banjarmasin, Endah juga turut berterima kasih dengan adanya rute penerbangan ini.

“Dengan adanya penerbangan ini membantu sekali, semoga selalu dibuka, supaya kami tidak perlu lagi transit ke Surabaya kalau mau ke Banjarmasin,” tuturnya.

PDAM Makassar