kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pengalaman Spiritual Warga Tongkonan Enrekang di Masjid Tua Tondon

Pengalaman Spiritual Warga Tongkonan Enrekang di Masjid Tua Tondon
Masjid Tua Tondon di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. (IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com – Para umat Muslim di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan telah mengadopsi bulan Ramadan 1445 hijriah/2024 sebagai ajang untuk memperkaya pengalaman spiritualitas mereka melalui kunjungan ke situs-situs bersejarah Islam.

Salah satu destinasi yang paling diminati adalah Masjid Tua Tondon yang terletak di Dusun Tondon, Desa Tongkonan.

Pemprov Sulsel

Seorang warga setempat bernama Ruhaini (40 tahun) telah menjadi salah satu dari banyak orang yang secara rutin meluangkan waktu untuk berziarah ke masjid tua tersebut setiap Ramadan.

Baginya, Masjid Tua Tondon memiliki nilai sejarah yang tak ternilai karena menjadi salah satu titik awal penyebaran Islam di Kabupaten Enrekang.

“Saya selalu menjadwalkan kunjungan ke Masjid Tua Tondon setiap bulan Ramadan. Tempat ini bukan hanya sebagai sarana ibadah, melainkan juga sebagai titik sejarah yang mampu meningkatkan kualitas spiritualitas kita,” ungkap Ruhaini, Selasa (12/3).

Terletak di puncak bukit, Masjid Tua Tondon menawarkan pemandangan yang menenangkan dan mempesona. Hal ini menjadikan para pengunjung, termasuk Ruhaini, merasa lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah di tempat tersebut.

“Ditempat ini, saya merasakan kedamaian dan ketenangan yang jarang ditemukan di lokasi lain,” katanya.

Dengan semangat pelestarian dan promosi terhadap warisan sejarah ini, diharapkan Masjid Tua Tondon dapat terus menjadi destinasi religi yang berharga bagi masyarakat lokal dan juga pengunjung dari luar daerah.

“Saya berharap masyarakat akan menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Tua Tondon bukan hanya sebagai tempat beribadah, melainkan juga sebagai sumber pengetahuan sejarah Islam di wilayah Enrekang,” ujar Ruhaini.

PDAM Makassar