kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pemulihan Ekonomi, Pedagang Kampung Merdeka Raup Omset Rp 2 Juta per Malam

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Para pelaku usaha kecil menegah raup omset menggiurkan di #KampungMerdeka, Terminal Paleteang, Kabupaten Pinrang.

Event Kampung Merdeka yang dibuka sejak 10 Agustus hingga 10 September 2022 itu selain menyajikan puluhan wahana hiburan keluarga. Kampung merdeka juga melibatkan puluhan pelaku UMKM, hal ini dilakukan sebagai pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Pemprov Sulsel

Fadila (29), salah seorang pedagang bakso urat di kampung merdeka mengaku omset dari dagangannya mencapai 2 juta per malam.

"Alhamdulillah, pak. Jualan bakso urat baru pertama kali disini (kampung merdeka), hasilnya lumayan hari biasa ada 400 sampai 600 ribu rupiah," kata Fadila kepada KabarBugis.id, Minggu (21/8) malam.

"Kalau rame-ramennya pas malam sabtu dan minggu ada Rp 1 juta lebih sampai 2 jutaan per malam," sambung Fadila yang juga owner dari Karlota itu. 

Fadila menambahkan selain bakso urat pihaknya juga menjual makan lain seperti lalapan.

Hal yang sama disampaikan Mattingara pedagang nasi ayam tepung di kampung merdeka. Dirinya meraup untung mencapai Rp 700 ribu per malamnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Abd Haris mengatakan event Kampung Merdeka dalam rangka memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, menyuguhkan pameran berbagai produk UMKM, bermacam kuliner, serta beraneka hiburan maupun wahana permainan untuk keluarga.

Masyarakat juga bisa menyaksikan dan mengikuti karaoke undian, pameran komunitas, foto booth, senam zumba, lomba kemerdekaan hingga gerai vaksin dan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Event ini sengaja digelar untuk meningkatkan perputaran ekonomi di Kabupaten Pinrang karena kita libatkan para pelaku UMKM Pinrang. Kalau tidak salah ada sekitar 80 lapak UMKM yang kami sediakan, mulai dari penjualan mainan anak-anak hingga aneka kuliner semua ada disini," jelasnya.

Ia mengungkapkan event tersebut melibatkan berbagai pihak mulai dari pemerintah setempat, Dinas Kesehatan Pinrang untuk gerai vaksin Covid-19, TNI, Polri, komunitas UMKM dan komunitas seni musik. Hingga penduduk lokal yang ada di sekitar Terminal Paleteang ikut diberdayakan.

"Pengunjung cukup padat permalamnya. Makanya kami libatkan masyarakat lokal, terutama untuk parkir kendaraan. Untung dari parkir 100% untuk mereka," ujarnya.

Untuk diketahui event Kampung Merdeka bakal digelar hingga 10 September 2022 mendatang. Buka jam 5 sore hingga jam 11 malam.

PDAM Makassar