kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pemprov Sulsel Bangun Fasilitas Arsinum di Kawasan Pesisir

banner 468x60

KabarMakassar.com — Masyarakat di Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng akhirnya bisa menikmati manfaat hadirnya PSU air siap minum (arsinum) oleh Pemprov Sulsel.

Hadirnya Penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Pemprov Sulsel

Dalam menghadirkan PSU Arsinum ini, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).Teknologi Arsinum merupakan jawaban atas kebutuhan air siap minum untuk masyarakat. Teknologi Arsinum yang akan dipasangkan merupakan produk inovasi yang telah teruji dengan menggunakan serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman berdasarkan hasil uji laboratorium.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “Alhamdulillah, masyarakat Desa Bonto Jai di Kabupaten Bantaeng telah merasakan manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat dengan hadirnya teknologi Arsinum,” tuturnya, Senin (3/7).

Lebih lanjut, kata orang nomor satu di Sulsel ini, bahwa Sasaran pembangunan PSU arsinun ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

"Kita berharap dengan adanya teknologi arsinum ini akan bermanfaat untuk  masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," pungkasnya.

Masyarakat di kawasan Pesisir Desa Bonto Jai pun merasakan manfaat hadirnya teknologi arsinum ini.

Seperti diungkapkan oleh salah seorang warga bernama Jabal Nur, “kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas bantuan pengolahan arsinum di Desa kami. Semoga tetap bermanfaat untuk masyarakat di sini dan bernilai ibadah di sisi Allah,” katanya.

Untuk diketahui, dalam menghadirkan PSU Arsinum ini, di tahun 2022 lalu Pemprov Sulsel telah merealisasikan 10 unit. Sementara di tahun 2023 ini, sebanyak 11 unit.

Adapun untuk tahun ini, Empat diantaranya di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa,

Kecamatan Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate; Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Dua unit akan dibangun di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Tuppabiring Utara; dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kecamatan Tuppabiring Utara.

Serta akan dibangun lainnya, Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai; Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng; Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba; Kawasan Pesisir di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros; dan Kawasan Pesisir Kelurahan Langnga, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

PDAM Makassar