kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Pemkot Makassar Akan Bagun 20 Sekolah Terintegrasi

banner 468x60

KabarMakassar.com —  Tingginya jumlah siswa SD di Kota Makassar menjadi masalah tersendiri untuk Pemkot Makassar.

Hal ini dikarenakan kurangnya SMP Negeri yang dapat menampung jumlah siswa lulusan SD.

Pemprov Sulsel

Diketahui ada sebanyak 21 ribu siswa yang lulus SD pada tahun 2023 ini, namun yang mampu diterima SMP Negeri hanya 12 ribu siswa. Sedangkan swasta hanya mampu menampung sebanyak 7 ribu siswa.

Dengan demikian, ada ketimpangan sekitar 2 ribu siswa yang tak bisa masuk ke SMP. Hal ini kemudian membuat angka putus sekolah terus terjadi tiap tahunnya.

Oleh karenanya, Pemkot Makassar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar akan membangun 20 sekolah terintegrasi di tahun 2024. Sekolah ini nantinya diharapkan dapat menampung jumlah siswa di Kota Makassar.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengatakan, 20 sekolah ini akan disebar khususnya di daerah yang minim sekolah.

Ia menjelaskan bahwa pengajuan sekolah terintegrasi ini sebelumnya sudah direncanakan beberapa tahun belakangan. Hanya saja, keterbatasan lahan membuat program ini sulit diajukan.

 "Jadi ini sampai 20 sekolah kita target di 2024. Ada keterbatasan ini sementara disiapkan," ujarnya, Senin (05/06).

Dengan terintegrasinya SD dan SMP, kata dia, akan menjamin siswa yang lulus bisa langsung diterima, ke jenjang selanjutnya.

"Sehingga seluruh siswa tak harus beralih ke sekolah lainnya yang kemudian mengakibatkan adanya potensi tak lulus," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddin mengatakan, pihaknya sudah meninjau satu sekolah yang direncanakan akan dibentuk sekolah terintegrasi.

Sekolah Ini sengaja disasar sebab kondisinya yang sudah tidak layak. Pembongkaran akan dilakukan dan dibangun ulang dengan konsep modern yang lebih baru.

Pihaknya pun sudah menyiapkan lokasi khusus yang akan menampung pembelajaran sementara. Total ada sebanyak 1.332 siswa yang terdiri atas Sudirman 1,2,3 dan 4.

"Harapannya agar pembelajaran ini bisa tetap berjalan dengan lancar," tegasnya.

PDAM Makassar