kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pemkab Bantaeng-Fakultas Kedokteran Unhas Teken Mou Terkait Ini

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menandatangani kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Jumat, (12/08).

Kerja sama ini berkaitan dengan pendampingan dan penyuluhan kesehatan kulit untuk petani rumput laut nelayan di Bantaeng. 

Pemprov Sulsel

Ketua Departemen Dermatologi dan Venereologi, dr Siswanto Wahab mengatakan, kerja sama ini terkait dengan pemeriksaan pengobatan dan pendampingan kesehatan untuk nelayan rumput laut yang ada di Bantaeng. 

Dia menyebutkan, nelayan rumput laut memang adalah kelompok yang paling rentan terhadap kontak iritan yang menyebabkan penyakit kulit. 

"Ini adalah ikhtiar saya untuk berbuat baik di Bantaeng. Saya yakin, jika petani rumput laut di Bantaeng ini sehat semua, tentu pertumbuhan ekonomi di Bantaeng bisa lebih pesat lagi," kata dia. 

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk simbolisasi kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Dia mengatakan, ada dua tugas utama pemerintah di masa pandemi Covid-19. Keduanya adalah menjaga derajat kesehatan masyarakat dan membangkitkan ekonomi produktif masyarakat. 

"Hari ini, kita melaksanakan dua kegiatan ini bersama-sama," kata dia. 

Dia mengakui, salah satu kendala pada petani rumput laut di Bantaeng adalah kesehatan kulit mereka. Kehadiran Fakultas kedokteran Unhas ini membuktikan jika pemerintah Kabupaten tidak sendiri mengatasi persoalan yang ada di Bantaeng. 

"Ada 21,3 kilometer bentangan pantai di Bantaeng. Sebagian besar warga pesisir kita beraktifitas pada rumput laut. Persoalan ini kita minimalisir berkat keberadaan fakultas Kedokteran Unhas," pungkasnya.

PDAM Makassar