kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pemasangan Batu Gajah Saluran Tambak Wakka Sudah Sejauh 8 Km

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Proyek normalisasi saluran tambak di daerah Wakka, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang mulai pemasangan batu gajah.

Normalisasi itu tahap awal pembersihan saluran telah berjalan sekitar 8 kilometer dan pemasangan batu gajah di bibir muara.

Pemprov Sulsel

Kepala Bidang Irigasi dan Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDABK) Kabupaten Pinrang, Husni Nakka mengatakan pembersihan saluran tambak itu untuk menghindari pendangkalan pada saluran.

"Sudah kita gali sejauh kurang lebih sekitar 8 kilometer dari saluran pembuangan Langnga ke muara. Hal ini untuk menghindari banjir," kata Husni Nakka kepada KabarBugis.id, Kamis (28/7).

Selain itu, kata Husni untuk menghindari abrasi pasir pihaknya telah melakukan pemasangan batu gajah di muara Wakka.

"Pemasangan batu gajah bentuk Bolder di muara Wakka sudah sekitar 100 meter panjangnya. Pemasangan batu gaja itu nanti sisi kanan dan kiri tujuannya agar tidak terjadi abrasi dan pendangkalan muara," jelasnya.

Untuk diketahui saja, jika tahun ini Pinrang disuntik anggaran kurang lebih Rp10 miliar untuk melakukan normalisasi irigasi tambak dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang. Itu akan menyasar dua kecamatan yakni Mattiro Sompe dan Cempa. 

Lebih detail lagi, pekerjaannya akan dilakukan di saluran tambak Ujung Tape, saluran Ujung Tape II, saluran Sibo I, saluran Sibo II, saluran tambak Wakka, saluran pembuangan Cempa serta saluran pembuangan Ammani.

PDAM Makassar