kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pastikan 10 Dzulhijjah 1444 H, Jamaah Muhammadiyah Jeneponto Rayakan Idul Adha Besok

banner 468x60

KabarSelatan.id — Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Turatea Kabupaten Jeneponto, Sulsel dijadwalkan bakal melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu 28 Juni 2023 besok.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Turatea Syahrir Sarea mengatakan penetapan ini berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah setelah menerima hasil hisab dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Pemprov Sulsel

"Sesuai patokan metode hisab dan rukyatul hilal, Muhammadiyah mengumumkan bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1444 H yang jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023," ungkapnya.

Menurutnya, penetapan ini sudah didasarkan dari perhitungan astronomi yang akurat sehingga penetapan Idul Adha dari Muhammadiyah juga dapat memberikan pedoman kepada umat Islam lainnya yang mengikuti panduan dari organisasi ini.

Rencananya, Lebaran Idhul Qurban 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah ini akan dilaksanakan kembali di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah dengan perkiraan ribuan jamaah.

"Untuk di Pusdam sendiri sama di tahun kemarin itu dikisaran 1000 hingga 1.500 jamaah," cetus Syahrir Sarea.

Untuk lokasi lainnya kata dia, berdasarkan data yang masuk ada sekitar belasan lokasi yang akan ikut menggelar Sholat Idhul adha.

"Saat ini total lokasi yang masuk ada sekitar 19 tempat namun kemungkinan akan terus bertambah. Sementara khutbah, pihaknya akan menyerahkan hal ini ke masing-masing panitia mesjid,"sebutnya.

Meski pelaksanaan Idul Adha 1444 Hijriah kali ini kembali berbeda dengan keputusan Pemerintah, Syahrir Sarea berharap kepada masyarakat Butta Turatea, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen dapat menghadirkan kesejukan dalam menghadapi perbedaan yang ada.

"Kami yakin bahwa perbedaan ini merupakan  hikmah dan Sunnatullah yang perlu disikapi dengan bijak," ucapnya,

PD Muhammadiyah juga tetap mengapresiasi langkah yang diambil Pemerintah lantaran sudah memberikan ruang yang selebar-lebarnya untuk penggunaan fasilitas umum dalam pelaksanaan Idul Adha bagi warga Muhammadiyah.

"Semoga kebijakan ini tetap menjadi acuan pemerintah ke depan dalam menghadirkan Khazanah keummatan yang menggembirakan," pinta Syahrir.

Disisi lain, Pemerintah juga sudah menetapkan 10 Dzulhijah 1444 Hijriyah pada Kamis, 29 Juni 2023. Hal ini sesuai dengan hasil pantauan dan sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama pada Minggu (18/6) kemarin.

Hasil sidang Isbat tersebut diumumkan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

"1 Dzulhijah jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023 dan hari raya Idul Adha jatuh pada (Kamis) 29 Juni 2023," ucap Zainut saat konferensi pers.
 

PDAM Makassar