kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Panggung Closing Ceremony Makassar F8 Satukan Budaya di Dunia

banner 468x60

KabarMakassar.com — Makassar International Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 akhirnya tiba di penghujung acara. 

Hari ke lima pagelaran ini banyak menampilkan pertunjukan dari berbagai daerah baik lokal hingga internasional. 

Pemprov Sulsel

Seperti Fashion Show dari Singapura yang menampilkan puluhan mode busana rancangan desainer terkenal Hayden Ng. 

Tak hanya itu, fashion show dari Thailand juga turut menghadirkan mode busana yang nyentrik tapi tetap tampil mewah karya desainer Pitnapat. 

“Panggung Makassar F8 ini menyatukan semua budaya di dunia. Makassar sedang menuju kota dunia. Ada juga dari berbagai kabupaten di Indonesia,” ucap Danny Pomanto, Wali Kota Makassar, Minggu (11/09).

Dipanggung ini juga tampil tarian Ngoit Ngempolo dari Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. 

Hadir pula puluhan penari dari Kajang, Kabupaten Bulukumba, mereka membawakan tari Pabbite Passapu. Tarian ini menceritakan tentang persabungan ayam Sawerigading dan anaknya Lagaligo. 

Tarian ini juga sebagai simbol pelepasan dua Phinisi dari dermaga Anjungan Pantai Losari ke Kabupaten Bulukumba untuk mengikuti festival Phinisi yang digelar pertengahan September tahun ini. 

“Saya sangat mencintai seni budaya. Semua adalah sejarah yang harus diabadikan. Saya harap akan lebih banyak lagi budaya-budaya di setiap kabupaten, kota di Sulsel, di Indomesia bahkan dunia yang ditampilkan di Makassar F8 tahun depan,” harap Danny.

PDAM Makassar