kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

OPOP Indonesia Segera Launching di Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel dan Pengurus IAPIM (Ikatan Alumni Pesantren IMMIM) dan Forum OPOP Indonesia melakukan diskusi awal pembentukan program OPOP (One Pesantren One Product) Sulsel dikantor dinas koperasi sulsel jl. Ap. Pettarani, Selasa (21/02).

Dimana, OPOP Sulsel merupakan program untuk mendorong kemandirian ekonomi pesantren sehingga akan terbentuk ekosistem usaha dan mendorong daya saing ekonomi pesantren secara berkelanjutan.

Pemprov Sulsel

Kadis Koperasi H.Ashari Fakhsirie menerima kunjungan dari Tim OpOp (One Pesantren One Product) yang di pimpin langsung oleh Amran silalahi selaku direktur pengembangan dan jaringan di forum OPOP Indonesia.

Secara formal dukungan ini lahir melalui dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel dengan ditandai terbentuknya Pergub mengenai OpOp atau kemandirian Ekonomi Pesantren di Sulawesi Selatan.

Tim OpOp Amran mengatakan bahwa program ini bentuk kolabarosi antara pemerintah dalam hal ini dinas koperasi dengan beberapa pesantren yang ada di Sulsel.

“Kedepan nantinya program ini akan menghasilkan 3 pilar yaitu, pertama santripreneur atau pemberdayaan santri yang bertujuan menumbuhkan pemahaman dan keterampilan santri dalam memghasilkan produk unik sesuai syariah yang berorientasi pada kemamfaatan dan keuntungan,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa pesantrenpreneur atau pemberdayaan pesantren yang bertujuan menghasilkan produk halal unggulan yang mampu di terima pasar lokas,nasional dan internasional dan yang ketiga adalah sosiopreneur atau program pemberdayaan alumni pesantren yang disinergikan dengan masyarakat.

“Pemberdayaan dengan beragam inovasi sosial, berbasis digital teknologi dan kreativitas secara inklusif,” jelasnya.

PDAM Makassar