kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Novelis Sejarah Idwar Anwar, Raih Penghargaan Tokoh Budaya Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Penulis atau Novelis Sejarah, Idwar Anwar mendapat penghargaan Kabar Makassar Award Tahun 2022 dalam acara malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabar Makassar ke-13 yang digelar di Ballroom Teater Menara Phinisi, Senin (29/08) malam.

Budayawan Luwu itu mendapat penghargaan sebagai Tokoh Budaya Sulawesi Selatan.

Pemprov Sulsel

Ia dinilai berkat dedikasinya sebagai budayawan Luwu sekaligus penulis novel historiografi perempuan Luwu yang menceritakan kisah Opu Daeng Risadju.

"Bapak Idwar Anwar ini penulis eksiklopedi dua jilid yang tebal-tebal juga penulis historiografi perempuan Luwu yang menceritkan kisah Opu Daeng Risadju," sebut Yudistira Sukatanya, juri independen Kabar Makassar Award 2022.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh CEO Kabar Grup Indonesia (KGI) Network, Upi Asmardhana di depan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Idwar Anwar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai Tokoh Budaya Sulawesi Selatan. Ia tak menyangka mendapatkan penghargaan tersebut dari sekian banyak budayawan yang ada di Sulawesi Selatan.

Ia mengungkapkan, sebanyak kurang lebih 30 buku tentang kisah-kisah atau cerita kebudayaan telah ditulisnya dan saat ini tengah menulis tentang kisah pemerintah Selayar dan Pinrang yang bersumber dari Kitab I Lagaligo di Belanda.

"Saya tak menyangka dari banyak budayawan di Sulawesi khususnya Makassar, saya dipercayakan untuk ini. Saya memang sering menulis buku-buku kisah budaya dan sudah ada 30 lebih dan saat ini saya tengah menulis kisah pemerintahan Selayar dan Pinrang yang bersumber dari Belanda," ujarnya.

Idwar Anwar berharap kedepannya Kabar Makassar terus sukses dan meraih segala impian yang dicita-citakan.

"Selamat kepada Kabar Makassar ulang tahun ke-13, semoga dengan usia ke-13 ini semakin berkembang , semoga semakin sukses dan apa yang diimpikan dapat terwujud dengan baik," pungkasnya.

Diketahui penghargaan Kabar Makassar Award Tahun 2022 diberikan kepada 15 tokoh dan lembaga serta tiga penghargaan khusus sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja-kerja baik yang telah memulihkan berbagai sektor pasca Pandemi Covid-19 dan saling berkolaborasi memberikan kontribusi yang nyata bagi negeri.

Sebanyak 15 penghargaan telah diberikan kepada sejumlah tokoh, lembaga dan pemerintah serta budayawan dalam pagelaran akbar Kabar Makassar Award tahun ini serta tiga penghargaan khusus atas dedikasinya sebagai lembaga dan tokoh yang berpengaruh.

PDAM Makassar