kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Niat Maju di Pilgub, Andi Muhammad Tak Mau Ambisi

banner 468x60

KabarMakassar.com — Mayjen TNI (Purn), Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki memiliki niat yang tulus untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Sulsel pada Pilgub 2024 mendatang.

Kendati demikian, mantan Pangdam XIV Hasanuddin itu tidak mau berambisi.

Pemprov Sulsel

"Saya katakan tidak berambisi karena orang yang ambisi akan menghalalkan segala cara. Saya ini punya akar rumput keluarga besar di 24 kabupaten," ungkap Andi Muhammad dikutip dalam wawancara eksklusif bersama Upi Asmaradana di kanal youtube "UpiShow", Sabtu (25/2).

Dorongan untuk bertarung di dunia politik, Andi Muhammad salah satu tokoh Sulsel kelahiran Kabupaten Bone itu mempunyai harapan untuk masyarakat Sulsel lima tahun kedepan.

Dimana harapan Petta Lolo panggilan bangsawan Andi Muhammad untuk berbuat kepada banyak orang.

"Insya Allah saya niatkan maju sebagai calon gubernur sulsel. Berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan Sulsel lebih bermartabat dan lebih bersih. Berusaha dengan latar belakang saya sebagai militer,"ujarnya.

"Saya tidak memberikan janji tapi saya memberikan harapan untuk itu seluruh keluarga besar dan masyarkat Sulsel. Jadi jangan sampai salah pemimpin karena salah pilih akan menentukan lima tahun kedepannya," tambah Andi Muhammad.

Andi Muhammad sendiri punya dua cita-cita tertinggi yang ditulis dalam lembaran kertas saat ia menjalani tes di Akademi militer pada tahun 1984 silam. Diceritakan, saat itu wajib menulis dua pertanyaan. Singkatnya, pertama saat lulus di militer apa cita-cita tertinggi?

"Pertama saya tulis menjadi Pangdam Hasanuddin dan Alhamdulillah sudah terwujud. Kedua, apa yang kamu cita-citakan jika kembali ke sipil. Yang saya tulis adalah Gubernur Sulsel," katanya.

"Selama kau kau masih bisa bernafas kamu harus bisa lakukan pengabdian kepada masyarakat," tutup Petta Lolo.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan sekarang kondisi politik di kontestasi Pilgub sudah agak mengerucut pada 4 poros kuat dan berimbang.

Poros Petahana ASS (Andi Sudirman Sulaiman) kemungkinan Bisa di usung PKS dan PAN . Poros NasDem diwakili Rusdi Masse dan Adnan YL.

Kemudian, poros Gerindra dengan Tokoh AIA atau Andi Iwan, sedang poros Golkar dengan Taufan Pawe dan IAS.

Adapun Danny Pomanto kabarnya siap maju lewat jalur independen untuk ciptakan poros ke 5 lewat non parpol. Termasuk sosok Mayjen TNI purn Andi Muhammad.

"Dan menurut saya di Sulsel maksimal hanya bisa 4 pasangan lewat jalur parpol. Bisa lebih jika DP betul-betil maju lewat jalur non parpol," ujar Suwadi kepada kabarmakassar.com.

PDAM Makassar