kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Momentum HPSN 2023, Muhammad Yunan: RAPI Selayar juga Peduli Kebersihan Lingkungan

banner 468x60

KabarSelayar.id – Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, pengurus dan anggota organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar turut ikut serta dalam kegiatan baksos bersih-bersih sampah di pesisir pantai Appabatu Kecamatan Bontomanai, Selasa (21/2/2022).

Para pengurus dan anggota RAPI ini, bersama organisasi kemasyarakatan lainnya berjibaku membersihkan sampah kiriman yang terdampar di pinggir pantai Appabatu saat musim barat tahun ini.

Pemprov Sulsel

Ketua RAPI Selayar Ir. Muhammad Yunan Krg Tompobulu terjun langsung di lokasi baksos bersama anggotanya. Menurutnya Bakti sosial adalah bagian dari program kerja organisasi RAPI Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar. 

“Dipanggil ataupun tidak, kami tetap harus turun lapangan karena ini adalah bagian dari program kerja kami. Jadi bukan hanya bantuan komunikasi (Bankom), tetapi bakti sosial juga adalah program kami di RAPI,” uangkapnya.

Muh. Yunan juga menyebutkan bahwa keikutsertaan organisasi RAPI dalam kerja bakti massal yang digelar oleh Pemkab Kepulauan Selayar, merupakan wujud kepedulian anggota RAPI terhadap kebersihan lingkungan.

“Ini adalah tugas kita semua bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang komunikasi, pastinya kami mendukung program-program pembangunan pemerintah, sesuai dengan bidang tugas yang kami emban,” pungkasnya.

Pantauan awak media, keanggotaan RAPI Selayar memang masih terbilang sedikit, kisaran 50 an orang. Namun mereka begitu kompak dan bersemangat melakukan aksi bersih-bersih, memungut dan mengangkut sampah bersama anggota organisasi lainnya, kwarcab pramuka, PMI, unsur OPD, camat dan kepala desa serta masyarakat sekitar lokasi.

Diberitakan sebelumnya, pada momentum HPSN 2023 ini, Pemkab Kepulauan Selayar menurunkan ASN dan PHL bersama TNI dan Polri serta masyarakat. Diperkirakan jumlahnya ribuan orang turut serta terlibat dalam kegiatan bersih-bersih di sepanjang pesisir barat pulau Selayar, mulai dari Kota Benteng hingga Desa Pamatata, Kecamatan Bontomatene.

PDAM Makassar