kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Modal KUR BRI Bantu UMKM Kembangkan Bisnis Usaha

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah untuk menyediakan sistem kredit dengan tujuan guna membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengatasi masalah kesulitan modal.

Program ini telah membantu jutaan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka hingga memperoleh omset yang tinggi.

Pemprov Sulsel

Salah satu pelaku UMKM di Makassar yang terbantu dengan adanya program KUR ini adalah Arisa, ibu rumah tangga yang mendirikannya bisnis roti bersama suaminya, Sumanto.

Usaha yang diberi nama Roti Arsya dan memproduksi roti dengan berbagai varian rasa di Jalan Telkomsel Makassar itu baru dirintisnya sejak dua tahun yang lalu bermodalkan keahliannya membuat roti.

"Saya home industri bikin roti sejak dua tahun lalu," ungkapnya, Senin (05/06).

Arisa pun mengaku sempat terkendala biaya modal usaha sehingga produksinya pun terbatas. Ia pun memutuskan masuk menjadi UMKM binaan BRI setahun yang lalu dan mengambil dana KUR dengan limit Rp 40 juta.

"Saya ikut binaan sudah satu tahunan, saya ambil KUR yah mbak Alhamdulillah sangat membantu," sambungnya.

Hasilnya pun ia rasakan dengan memproduksi lebih banyak roti setiap harinya. Kini ia pun mampu memproduksi 150 hingga 300 pcs roti per harinya dengan omset yang diterima minimal Rp 500 ribu per hari atau sekitar Rp 20 juta per bulannya.

Kini Arisa juga mempekerjakan sebanyak 4 hingga 8 orang tetangganya untuk membantunya membuat roti.

Hasil produksinya pun banyak dijajakan di berbagai kantin sekolah, kantin kantor dan jualan menggunakan mobil yang standby di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Ia pun berharap pihak BRI kedepan dapat membantunya mendapatkan sarana menjual seperti kios atau lokasi permanen mengingat saat ini ia masih menjual menggunakan mobil dan kerap dirazia oleh Satpol PP.

"Harapannya kedepan kalau saya butuh tempat yang bisa untuk sara menjual seperti kios dan sekarang saya pakai mobil, biasa dikejar satpol PP," jelasnya.

Sementara itu, Regional CEO BRI Makassar, Rahman Arif mengatakan hampir kurang lebih 2 juta UMKM terbantu dengan adanya program dana KUR.

Selain itu, untuk mendapatkan dana KUR BRI kata Arif sangat mudah hanya dengan melampirkan  identitas diri berupa KTP, Surat Keterangan Usaha serta tidak ada pembatasan minimal waktu pendirian usaha.

"KUR itu sangat mudah yah, hanya menghubungi BRI unit atau outlet dan bisa mengambil hingga 100 juta tergantung dari kelayakan jenis usahanya apa," ucapnya.

Adapun batas atau limit KUR yang disediakan mulai dari Rp5 juta hingga Rp500 juta dengan suku bungan 6 persen serta jangka waktu minimal 6 bulan hingga maksimal 5 tahun lamanya.

Arif pun mengaku dana bantuan KUR diperuntukkan bagi segala jenis usaha mulai dari kuliner, kerajinan hingga usaha pertanian.

"Jadi memang sudah ada untuk kluster pertanian kita mendukung segala jenis usaha," pungkasnya.

PDAM Makassar