kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

MIWF 2024 Hadirkan 152 Pembicara dan 107 Program

MIWF 2024 Hadirkan 152 Pembicara dan 107 Program
(Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — 152 pembicara dan 107 program bakal meramaikan Makassar International Writers Festival (MIWF) 2024 yang akan digelar di Benteng Fort Rotterdam Makassar pada 23-26 Mei 2024 mendatang.

Direktur Program dan Kemitraan Rumata’ ArtSpace, Rachmat Hidayat Mustamin mengatakan bakal tahun ini MIWF akan diramaikan oleh lebih dari 100 pembicara.

Pemprov Sulsel

Terdapat juga berbagai program dengan ragam kegiatan yang bisa dinikmati partisipan acara. Tidak hanya melibatkan penulis, kolaborasi dilakukan juga bersama komunitas, penerbit, dan lembaga.

“Tahun ini, MIWF akan berlangsung di Benteng Rotterdam, Makassar, yang menghadirkan lebih dari 152 pembicara yang terdiri dari penulis, aktivis, akademisi, seniman, praktisi, dan pegiat literasi yang terlibat melalui kurang lebih 107 program selama 4 hari penyelenggaraan,” ungkapnya, Kamis (16/5).

Pihaknya menjelaskan kegiatan MIWF yang beragam menjadi sangat menarik pada tahun ini, sebab tidak hanya diskusi mengenai literasi. Tapi juga terdapat pemutaran dan diskusi film, mengulas sejarah, mengupas isu sosial dan politik, mengulik gerakan aktivisme kesetaraan gender, meneroka peran perempuan dan lingkungan, pameran fotografi, proses kreatif bermusik, serta lokakarya untuk semua umur.

Lokakarya yang bisa diikuti seperti “Membaca Foto” tentang literasi visual serta “Seni dan Pemulihan” yang membahas praktik kesenian sebagai cara memulihkan diri para penyintas.

Sejumlah komunitas turut langsung menyajikan program bersama MIWF, seperti Lontarata Book Club yang berbicara tentang bookstagram serta Buloa Ekosistem dengan fokus pertanian urban di Makassar.

Turut pula program spesial DAPUR, sebuah pertunjukan monolog yang diangkat dari cerita pendek Lily Yulianti Farid.

Penulis dan pembicara yang diundang dalam kegiatan MIWF pun memiliki beragam latar belakang yang menarik. Mereka antara lain Minato Kanae (penulis fiksi), Taomo Zhou (peneliti sejarah) Agustinus Wibowo (penulis-fotografer), Yandy Laurens (sutradara), Ratih Kumala (penulis fiksi), Raisa Kamila (penulis), Hannah Al Rashid (aktris), Evi Mariani (jurnalis), Iqbal Aji Daryono (penulis-kolumnis), Mahfud Ikhwan (penulis novel), Evi Mariani dan Fahri Salam (jurnalis), Reda Gaudiamo (penulis-musisi), serta Abinaya Ghina Jamela (penulis) dan lainnya.

Adapun penulis dan pembicara lokal dari Indonesia Timur juga turut akan bergabung seperti Khozy Rizal (sutradara), Ashari Ramadana (penulis), Michelin Salatta (aktivis), Esther Haluk (akademisi), Lian Gogali (penulis-peneliti), Aziziah Diah Aprilya (fotografer), Faisal Oddang (penulis fiksi), Gody Usnaat (penulis fiksi), Wilda Yanti Salam (penulis-peneliti) serta masih banyak lagi.

Turut pula tujuh penulis terpilih program Emerging Writers yang akan berbagi gagasan dan proses kreatif mereka. Mereka adalah Varla R. Dhewiyanty (Kubu Raya, Kalimantan Barat), Andi Batara Al Isra (Makassar, Sulawesi Selatan), Novan Leany (Samarinda, Kalimantan Timur), Nuraisah Maulida Adnani (Mataram, Nusa Tenggara Barat), Dustan Obe (Kupang Nusa Tenggara Timur), Julia F.G. Arungan (Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat) dan Yuan Jonta (Manggarai, Nusa Tenggara Timur).

Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, MIWF berkomitmen untuk menghadirkan festival yang nirsampah dan rendah karbon. Pengalaman kuliner unik juga dihadirkan lewat kolaborasi bersama Tentang Kuliner, di mana para pengunjung tidak akan menggunakan wadah plastik sekali pakai.

“Dipastikan bahwa sampah-sampah kuliner akan diolah dan didaur ulang. Ini adalah komitmen MIWF menyajikan festival yang tidak hanya berkutat pada literasi, tapi juga edukasi lingkungan,” jelasnya.

PDAM Makassar