kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Milad FK UMI ke-31, Akreditasi Unggul dan Bakal Buka Prodi Spesialis

banner 468x60

KabarMakassar.com — Peringatan Milad atau Hari Jadi ke-31 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) digelar di Phinisi Ballroom, Hotel Claro, Makassar, Kamis (08/06).

Rektor UMI, Prof Basri Modding mengatakan milad FK UMI kali ini diberikan banyak keberkahan dengan sejumlah prestasi yang dicapai.

Pemprov Sulsel

Ia mengungkap dua Program Studi (Prodi) di FK UMI yakni masing-masing prodi Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter kini memegang akreditasi unggul.

Selain itu, FK UMI masuk dalam lima fakultas kedokteran dari 52 fakultas kedokteran universitas swasta di Indonesia yang meraih akreditasi unggul.

Bahkan, UMI merupakan satu-satunya universitas swasta diluar Pulau Jawa yang meraih akreditasi unggul.

"Saya kira UMI semakin hari semakin baik dan ke depan inshaAllah kita beralih lagi bagaimana mewujudkan fakultas kedokteran ini sebagai ujung tombak dalam membina keunggulan dari segi humanity karena sekarang kita harus unggul dari bidang SDM dan semua itu dimiliki karena fasilitas fisik maupun non fisik dimiliki oleh UMI," ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FK UMI, Dr Nasruddin AM menjelaskan prestasi UMI dengan meraih akreditasi unggul tidak terlepas dari kerja kolaborasi seluruh civitas akademika dan para alumni.

Adapun akreditasi unggul diraih FK UMI dengan persiapan selama dua tahun yang disiapkan para seluruh civitas akademika dan juga para mitra yang berkolaborasi dalam membangun FK UMI.

"Jadi akreditasi unggul ini didapatkan tidak terlepas dari ada beberapa aspek dari sarana, dosen, kerjasama, mitra, penelitian dan pengandian bahkan output alumni, masa studio dan seluruh sistem yang terbangun di pendidikan kedokteran UMI," ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya pun berencana akan membuka prodi baru yakni pendidikan dokter spesialis dengan pembangunan kapabilitas serta saat ini FK UMI telah membina dua fakultas kedokteran di dua kampus swasta yakni di Buton dan Luwu Raya.

"Jadi dalam pembangunan kapabilitas institusi kita adalah tidak hanya membuka prodi baru tapi juga kita sudah membina fakultas kedokteran yang lain. Jadi mereka melamar kita untuk mengembangkan dan mencetak dokter-dokter," sambungnya.

Ia mengungkap hingga kini FK UMI telah mencetak sebanyak 2.800 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki segudang prestasi mulai dari juara mahasiswa berprestasi nasional, dana hibah penelitian, juara lomba olahraga dan seni hingga tiga kali berturut-turut juara nasional MTQ.

"Kita sudah 2.800 alumni yang tersebar di Indonesia dan kita sudah banyak mendapatkan penghargaan internasional," bebernya.

PDAM Makassar