kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Menkes Undang Lily Buka Acara Germas Promosi Kesehatan Jiwa di Toraja

banner 468x60

KabarToraya.com — Anggota DPD RI Lily Amelia Salurapa mendapat undangan khusus dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) dalam gerakan masyarakat (germas) dalam upaya promosi kesehatan jiwa di dua kabupaten di Sulawesi Selatan yakni Tana Toraja dan Toraja Utara pada 8-9 Juni 2023 mendatang. 

Dalam surat yang ditandatangani oleh drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid tersebut Lily yang merupakan senator asal Sulsel itu diminta sambutan dan sekaligus membuka acara di dua kabupaten itu.

Pemprov Sulsel

"Untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong peran serta masyarakat, lintas program, lintas sektor, akan pentingnya kesehatan jiwa, Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan akan melaksanakan kegiatan Penggerakan Masyarakat Dalam Upaya Promosi Kesehatan Jiwa bagi Remaja di Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan, kami mohon kesediaan Ibu untuk dapat menghadiri kegiatan dimaksud, dan memberikan sambutan serta arahan pada acara tersebut sesuai dengan jadwal," tulis Dirjen Kesehatan Jiwa Kemenkes RI dalam suratnya.

Untuk diketahui sebelumnya pada 28 Februari 2023 lalu, Lily Amelia Salurapa sempat menyurati Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, cq Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza. 

Dalam surat itu, Lily Salurapa menyamapikan ke Menkes jika kasus bunuh diri marak terjadi di Kabupaten Tana Toraja. Pelakunya didominasi kalangan remaja. Sehingga hal tersebut meminta Menkes RI merespon segera masalah kasus tersebut dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. 

Alhasil pada bulan Juni 2023 ini, Srikandi asal Sulsel tersebut mendapatkan respon hingga diundang khusus dan sekaligus membuka kegiatan yang bersifat mengedukasi masyakarat tentang pengendalian masalaha kesehatan jiwa di dua kabupaten kemabr di Sulsel.

"Puji Tuhan ini kita dapat respon yang baik dari Menteri Kesehatan, sehingga surat melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza kita terima dan tanggal 8 dan 9 Juni kita buka kegiatan tersebut," kata Lily saat dihubungi, Selasa (6/6).

Lanjut Lily menyampaikan dalam agenda tersebut nantinya akan ada berbagai kegiatan mulai dari senam, pemilihan duta sehat ceria sekolah serta Talkshow. Tak hanya itu ada juga pembacaan komitmen remaja sehat ceria yang dibubuhi tandatangan dikain sepanjang 5 meter.

Acara ini juga dihadiri oleh Dirjen  Kesehatan Jiwa Kemenkes RI, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, Bupati, dan unsur Muspida di dua kabupaten Tator dan Torut hingga kepala dinas daerah.

Data angka kasus bunuh diri di Tana Toraja dan Toraja Utara cukup mengejutkan dimana kasus ini didominasi oleh Rejama karena hubungan asmara, pada tahun 2020-2021 lalu mencapai 30 orang. Dimana 14 diantaranya terjadi di Tana Toraja, sementara 16 kasus di Toraja Utara. Kemudian kasus bunuh diri sepanjang Januari 2023 terdata 5 orang bunuh diri.

PDAM Makassar