kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Menjajaki 5 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Sulawesi Selatan identik dengan buah markisa, khususnya di daerah Gowa-Makassar. Salah satu produk olahan markisa di Sulsel yang mendunia adalah sirupnya.

Bagi sebagian wisatawan domestik yang berkunjung ke Sulsel khususnya ke Malino, markisa menjadi buah tangan yang wajib. Tak sedikit diantaranya membeli buah markisa ataupun sirup markisa.

Pemprov Sulsel

Malino diketahui sejak puluhan tahun yang lalu menjadi tempat budidaya markisa.

Markisa diketahui berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning.

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah.

Markisa tumbuh di daerah yang sejuk, dengan ketinggian 600–1600 meter di atas permukaan laut dan paling ideal di atas 1000 meter.

Meski namanya buah markisa, namun bagian buah yang dikonsumsi adalah bijinya yang berselaput. Buah ini memiliki aroma khas dan rasa yang manis asam serta menyegarkan.

Siapa sangka, ternyata ada banyak manfaat buah markisa yang bisa didapatkan saat mengonsumsinya loh.

Dalam sebuah markisa mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat.

Berikut beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan;

1. Membantu meredakan gejala asma

Kandungan vitamin C pada buah markisa bekerja dengan menghambat fungsi histamin. Histamin merupakan senyawa di dalam sel yang menyebabkan reaksi alergi serta berbagai gejala asma.

2. Memperlancar pencernaan

Apakah Anda memiliki masalah kesulitan buang air besar? Anda bisa megatasinya dengan mengonsumsi markisa. Markisa mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Dalam markisa seberat 100 gr mengandung 11,4 gr serat, sehingga mengonsumsi dua buah ini bisa mencukupi hampir 30 persen kebutuhan serat harian Anda.

3. Menjaga kadar gula darah

Buah markisa memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa ternyata bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Mencegah kanker

Markisa mengandung antioksidan yakni beta karoten. Beta karoten berfungsi dalam menurunkan risiko kanker. 

Zat anti oksidan dalam markisa dapat menangkal radikal bebas dalam jumlah besar yang dapat memicu terjadinya kanker.

5. Baik untuk kesehatan tulang 

Markisa memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, ekstrak kulit markisa juga diketahui dapat meringankan rasa sakit pada penderita osteoarthritis. Akan tetapi, manfaat buah markisa yang satu ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

itu tadi lima manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

PDAM Makassar