kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Mengungkap Mitos Hantu Penunggu di Benteng Fort Rotterdam Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Benteng Fort Rotterdam, sebuah peninggalan sejarah yang megah di Kota Makassar, menyimpan banyak kisah dan mitos yang masih menjadi misteri bagi pengunjung.

Benteng yang dibangun pada abad ke-17 ini menjadi saksi bisu perjalanan waktu dan juga menjadi tempat dimana legenda dan mitos bersemayam.

Pemprov Sulsel

Petugas Cagar Budaya Benteng Fort Rotterdam Makassar, Taufik mengatakan sejumlah mitos yang tersebar dan didesuskan oleh para masyarakat memang benar adanya.

Ia mengakui banyaknya kejadian aneh hingga kesurupan yang dialami oleh para pengunjung maupun petugas.

"Jadi bagian yang paling angker itu yang di lorong ini dulu kan ada ekornya tapi sekarang sudah tidak ada karna terjadi pembangunan kota makassar. Jadi terowongan pertama yang kita naik dikaki kirinya itu adalah lokasi yang digunakan beberapa stasiun tv untuk mengadakan acara reality show,” ujarnya, Sabtu (09/12).

“Jadi siapa yang bisa berdiri satu jam tapi jam 12 malam di terowongan itu lokasi pertama, lokasi kedua yang disebelah kiri ini terowongan yang dibawah itu. Kenapa karna dulunya di ekornya ini yang sebelah sini sekarang sudah hilang itu tempat interogasi.   Disana itu ada alat pemeriksaan dan tiang gantungnya itulah kenapa dibagian belakang ini dikenal angker," sambungnya.

Ia pun menjelaskan sejumlah mitos penunggu yang kerap menampakkan diri dan beberapa kali dilihat oleh pengunjung bahkan petugas yakni diantaranya:

1. Hantu Tentara Belanda. Taufik menjelaskan bahwa salah satu hantu yang sering didengar adalah tentang hantu tentara Belanda yang masih "mengawasi" benteng ini.

Dari pengakuannya, sejumlah pengunjung melaporkan melihat sosok bayangan berpakaian militer Belanda pada malam hari.

2. Kuntilanak di Taman Bunga. Taman bunga di dalam kompleks benteng juga disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya kuntilanak yakni makhluk halus dalam mitologi Indonesia.

Taufik menyebut sejumlah pengunjunh maupun petugas kerap mendengar suara tangisan bayi atau tawa ganjil dari taman ini pada malam hari.

3. Pocong di Terowongan. Terdapat terowongan di dalam benteng yang menjadi subjek banyak cerita mistis. Taufik menyebut pocong, makhluk mistis berbalut kain kafan, sering kali dikabarkan muncul di terowongan yang ada di Benteng Fort Rotterdam pada malam hari.

“Jadi kalau dibilang mitos iya karna biasanya para security disini ikut merasakan dan mengalami ada suara tidak ada gambar seperti orang baris berbaris. Kalau persoalan penunggu pasti ada ya karna kita kan ada beberapa makhluk ya, ada makhluk astral juga”, pungkasnya.

Meski dibalik cerita horornya, hingga kini Benteng Fort Rotterdam Makassar selalu aktif digunakan dalam beberapa event komunitas hingga literasi. (Nurul Febrianti).

PDAM Makassar