kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Mengenal Xyploband, Gelang Canggih di Konser Coldplay

banner 468x60

KabarMakassar.com — Band asal Inggris, Coldplay selalu  menyediakan gelang Xyploband yang dipakai penonton selama waktu pertunjukan.

Namun, gelang Xyploband tersebut hanya dipinjamkan dan wajib dikembalikan saat Chris Martin dan kawan-kawannya selesai manggung. Gelang itu didesain dengan teknologi canggih yang ramah lingkungan.

Pemprov Sulsel

Untuk diketahui, penggunaan Xyploband pertama kali diterapkan dalam konser UNSTAGED di Madrid pada 2011. Penggunaan gelang tersebut akhirnya semakin dikenal saat konser Xylo Myloto pada 2012.

Adapun desainer yang membuat gelang unik tersebut bernama Jason Regler. Ia mengatakan pembuatannya terinspirasi dari lirik lagu Fix You milik Coldplay.

Berikut 4 fakta menarik mengenai gelang Xyloband yang digunakan Coldplay dalam konsernya :

1. Memiliki Teknologi Canggih

Xylobands merupakan gelang LED yang perubahan warnanya dikendalikan oleh sinyal radio. Gelang unik ini diprogram untuk membuat beragam efek visual selama konser. Selain itu, cahaya dari Xyloband dapat menyesuaikan dengan beat lagu yang sedang dinyanyikan.

2. Dibuat oleh Penggemar Coldplay

Gelang Xylobands ternyata dibuat oleh penggemar Coldplay yakni Jason Regler. Dia dan anaknya adalah fans berat Coldplay.

Saat itu, Chris Martin membawakan lagu Fix You dari album X&Y yang keluar di tahun yang sama. Hingga akhirnya Jason terinspirasi dengan liriknya yang berbunyi, ”lights will guide you home and ignite your bones, and I will try to fix you”.

Kemudian ia berinisiatif untuk membuat gelang Xylobands yang penuh cahaya tersebut, dan ide itu disetujui oleh manajer sekaligus member kelimar Coldplay  Phil Harvey. Hingga kini, karyanya abadi di kalangan penggemar Coldplay.

3. Tidak Diperjualbelikan

Adapun untuk harga gelang Xylobands hingga saat ini belum diketahui karena tidak diperjual belikan, namun hanya dipinjamkan saja. Karena terhubung dengan venue konser, maka Xylobands tidak bisa dipakai di luar panggung acara. (Sasrendra Sastro).

PDAM Makassar