kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Mengenal Sarabba Minuman Tradisional Khas Sulsel

banner 468x60

KabarMakassar.com — Sarabba adalah minuman tradisional yang memiliki akar kuat dalam budaya beberapa komunitas di Indonesia.

Sarabba pertama kali dikenal di Sulawesi Selatan, minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyimpan sejarah dan kearifan lokal.

Pemprov Sulsel

Asal Usul Sarabba

Sarabba pertama kali ditemukan di daerah Bugis, Sulawesi Selatan. Minuman ini dibuat dari campuran telur, gula, dan bumbu-bumbu tradisional. Proses pembuatannya pun melibatkan ritual khusus yang mewakili nilai-nilai budaya dan kebersamaan.

Bahan Utama dan Proses Pembuatan

Bahan utama sarabba adalah telur, gula kelapa, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Proses pembuatannya memerlukan keahlian khusus dalam mencampurkan bahan-bahan tersebut dengan proporsi yang tepat, menciptakan rasa yang unik dan nikmat.

Rasa yang Khas

Salah satu daya tarik utama sarabba adalah rasa khasnya yang manis dengan sentuhan rempah yang lembut. Ini membuatnya menjadi minuman yang cocok dinikmati baik dalam cuaca panas maupun dingin.

Budaya dan Tradisi

Sarabba tidak hanya sekadar minuman; ini adalah simbol kebersamaan dan tradisi. Biasanya, minuman ini disajikan dalam acara-acara istimewa seperti pernikahan, pertemuan keluarga, atau acara keagamaan. Ini mencerminkan pentingnya kebersamaan dalam budaya lokal.

Ancaman Terhadap Tradisi

Meskipun sarabba memiliki tempat penting dalam budaya lokal, tradisi ini menghadapi tantangan. Perubahan gaya hidup dan globalisasi dapat mengancam keberlanjutan pembuatan dan konsumsi sarabba. Oleh karena itu, penting untuk terus mendukung dan mempromosikan warisan budaya ini. (Nurul Febrianti).

 

PDAM Makassar