kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Mantan Walikota Makassar Pimpin Upacara HUT RI di Bonto Lojong

banner 468x60

KabarSelatan.id — Ratusan pengunjung Agrowisata Bontolojong, peringati Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Rabu (17/8).

Uniknya lagi, bendera Merah Putih sepanjang 77 meter dengan lebar 3 meter dibentangkan warga dan pengunjung untuk menandai detik-detik puncak kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemprov Sulsel

Tak kalah menarik, upacara kali ini turut dihadiri mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Selain itu, Ilham  ditengarai menghadiri Camping Merdeka Road To Bontolojong sehingga Ilham didapuk sebagai Inspektur upacara.

Ilham Arief Sirajuddin berpesan agar hari ini 17 Agustus 2022, 77 tahun lalu pejuang-pejuang bangsa telah mengorbankan seluruh apa yang dimiliki untuk satu tujuan.

"Untuk mendapatkan kemerdekaan, mengajukan dan mengibarkan bendera merah putih,"ujarnya.

Sehingga peristiwa itu menjadi renungan buat kita, hari ini kita jauh dari hiruk pikuk Perkotaan.

"Kita ada di satu Desa di Kabupaten Jeneponto tepatnya di Desa Ujungbulu, di Puncak Agrowisata Bontolojong ini untuk berkumpul dan merenungkan apa yang sudah dilakukan para pejuang-pejuang kita pada 77 tahun yang lalu,"ucap IAS

Oleh karena itu, IAS meminta peserta upacara agar merenung dan mengenang tanda jasa perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia.

"Perenungan kita hari ini, adalah bagian dari pada apresiasi kita untuk memikirkan bagaimana kemudian 77 tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia kita sudah rasakan, dan kalaupun pada hakikatnya hari ini kemerdekaan belum secara hakiki kita dapatkan, maka mari kita menjadikan bagian perjuangan kita semua,"jelas politisi Partai Golkar ini.

Namun seyogyanya, kemerdekaan kali ini belum berdampak kepada seluruh rakyat Indonesia. Apalagi warga Desa Ujung Bulu.

"Saya tau masyarakat desa Ujung Bulu mungkin belum merasa kemerdekaan, belum kita capai secara hakiki, tetapi yakin dan percaya bangsa ini ingin selalu menjadi satu tujuan sebagaimana diamanatkan Undang-undang dasar 1945 yang negara ingin membawa masyarakat sejahtera,"tuturnya.

Mantan walikota Makassar dua periode ini pun mengucapkan rasa terimah kasihnya kepada seluruh peserta upacara.

"Terima kasih kepada saudara-saudara terkhusus kepala Desa Ujung Bulu yang saya banggakan yang saya hormati dan aparat desa, serta para sahabat-sahabat Bontolojong,"pintanya.

Sebab sudah berjuang dan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah yang sangat berbeda dengan yang lain.

"Karena salah satu perjuangan kalian bagaimana bisa membentangkan bendera yang panjangnya 77 meter yang diarak dari perkampungan menuju Agrowisata Bontolojong yang jaraknya sepanjang 7 Kilometer, ini adalah wujud kecintaan terhadap bangsa Indonesia," sambung IAS.

Mudah-mudah ini bagian  penghargaan kecil kita kepada bangsa, bahwa kita mau memperlihatkan ada sesuatu yang kita lakukan merupakan apresiasi dan ekspresi dari kita yang mengusung bendera merah putih ini sepanjang 7 Km dan dibentangkan di tempat Upacara ini.

"Terima kasih apa yang sudah dilakukan semoga Allah melimpahkan rahmatnya kepada semua masyarakat di Desa Ujungbulu dan para sahabat-sahabat Bontolojong yang sudah berjuang dan kepada seluruh peserta upacara saya haturkan juga terima kasih semoga Allah meridhoi kita semuanya,"pungkasnya.

PDAM Makassar