kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Manfaat Serei Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarToraya.com — Serai (Sereh) merupakan bumbu dapur yang cukup populer di Indonesia, dimana serei banyak ditemukan di pasar tradisional hingga pasar modern.

Serei kerab dimanfaatkan masyarakat sebagai bumbu masakan, karena memiliki aroma yang khas sehingga membuat masakan menjadi harum serta menambah citarasa masakan.

Pemprov Sulsel

Selain jadi bumbu dapur, ternyata serei mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh dilansir dari hellosehat, serei mengandung beragam zat gisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B9 (folat), magnesium, kalium, mineral, zat besi, kalsium dan fosfor.

Tidah hanya mineral dan vitamin, serei juga memiliki sifat antibakterial seperti anti-inflamasi, analgesik, insektisida, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif dan diuretik.

Berikut manfaat Serei bagi kesehatan :

1. Mencegah naiknya kolestrol

Daun dan akar serei memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

2. Mengobati insomnia

Serei didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia. Peneliti telah menunjukkan bahwa serei memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

3. Mengatasi sindrom prahaid

Komsumsi serei dapat menimbulkan efek diuretik, artinya rempah satu ini dapat merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya.

Khasiatnya bahkan pernah dibuktikan dalam sebuah studi skala kecil yang terbit pada Journal of Renal Nutrition. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum air sereh dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak dari minuman lain.

4. Mengobati ISK dan penyakit kulit

Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati penyakit kulit karena infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan juga infeksi saluran kencing (ISK). karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.

5. Detoksifikasi

Manfaat sereh lainnya yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serei juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

 

PDAM Makassar