kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Manfaat Lamtoro Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Lamtoro atau petai cina adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tenga dan menyebar luas ke seluruh belahan dunia. 

Lamtoro sering dimanfaatkan sebagai peneduh tanaman kopi, penghasil kayu bakar, serta sumber pakan ternak yang lekas tumbuh. 

Pemprov Sulsel

Di Indonesia sendiri, masyarakat memanfaatkan daun dan bijinya sering diolah sebagai bahan makanan.

Meski memiliki bentuk menyeruapai petai, tanaman benama latin Leucaena leucocephala ini berbeda dengan petai biasa.

Selain pemanfaatnnya seperti yang dijelaskan sebelumnya dan diolah menjadi makanan, lamtoro juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Ini karena lamtoro memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Hellosehat.com, lamtoro mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, Energi, mimosin, leukanin, dan leukanol.

Berikut beberapa manfaat lamtoro bagi kesehatan;

1. Mengatasi Inveksi Saluran Pencernaan

Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang terdapat dalam daun lamtoro memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Kedua bakteri ini sering menyebabkan infeksi pencernaan, seperti diare, mual, dan nyeri perut.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes Melitus

Lamtoro dapat menjadi pilihan pengobatan alternatif bagi penderita diabetes melitus. Pasalanya kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada lamtoro dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Untuk menjadikannya sebagai obat, Anda dapat mengolah 100 gram lamtoro dengan disangrai dan dihaluskan seperti kopi. Kemudian disedu seperti kopi. Minum ramuan ini sehari sekali.

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Lamtoro mengandung saponin yang dapat menghasilkan kolagen. Kolagen dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan di kulit diakibatkan penyakit psoriasis.

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu cukup menghaluskan daun lamtoro dan menempelkannya pada kulit yang mengalami gejala.

4. Anti kanker  

Lamtoro juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat menangkal dan mengurangi risiko serangan kanker. 

5. Detoksifikasi 

Selain berfungsi sebagai antikanker, flavonoid dalam petai cina juga bisa menghalau virus dam bakteri berkembang di dalam tubuh. Sedangkan kandungan alkaloid dalam petai cina bisa membantu mentralisir racun. Sehingga mengonsumsi petai cina baik untuk kesehatan hati, ginjal, dan pencernaan. 

Kendati demikian, Anda harus mengingat lamtoro memberikan manfaat saat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan yah, tidak untuk dikonsumsi berlebih. Ingat jika anda memiliki keluhan kesehatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat. 

PDAM Makassar