kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Makassar Tuan Rumah Seminar Agama-Agama

banner 468x60

KabarMakassar.com — Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) se-Indonesia melaksanakan Seminar Agama-Agama ke-38 yang kali ini Kota Makassar, sebagai tuan rumah dan digelar selama 3 hari yang dimulai, 15-17 Januari 2024, di Gereja Immanuel.

Seminar agama agama PGI mengusung tema Merawat dan Mengadvokasi Keadilan serta Perdamaian di Tengah Masyarakat Majemuk Demi Pemajuan HAM dan Demokrasi di Indonesia.

Pemprov Sulsel

Dalam kegiatan ini, Turut hadir juga Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Since Palamba, Ketua Umum Komnas HAM Republik Indonesia Atnike Sigiro, Asnifinawati sebagai pimpinan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera dan turut hadir juga Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom.

Sedangkan untuk jumlah peserta yang ikut serta berjumlah 108 orang dari berbagai daerah di Seluruh Wilayah Indonesia.

Since Palamba sebagai perwakilan PJ Gubernur Sulawesi Selatan menegaskan bahwa melalui seminar ini, marilah tingkatkan kembali komitmen bersama dalam merawat dan mengadvokasi keadilan serta perdamaian.

“Mari kita bersatu untuk melawan segala bentuk diskriminasi, intoleransi dan ketidakadilan di Sulawesi Selatan serta di Indonesia pada umumnya” tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Umum PGI Jimmy Sormin mengungkapkan bahwa kaitan terkait tema yang diangkat kali ini, bagaimana Negara, Masyarakat Sipil dan Elemen lainnya betul-betul concern terhadap pemajuan HAM dan Demokrasi.

Ia melanjutkan, Makassar sebagai tuan rumah kali ini karena salah satu wilayah yang menggambarkan keberagaman sekaligus juga kemajuan di dalam toleransi satu dengan yang lainnya.

“Kita liat dari suku-suku yang ada di sini, kita liat juga dari ras yang bertumbuh di sini. Walaupun dengan banyak kejadian diskriminatif di masa lalu” ucapnya kepada wartawan, Senin (15/01).

Di sisi lain, Pendeta Jimmy Sormin juga mengutarakan harapannya bahwa banyak menceritakan dan menularkan apa yang didapatkan dalam kegiatan ini, sekaligus juga bersama-sama membangun jaringan secara lokal dan juga nasional.

PDAM Makassar