kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Mahasiswa Unhas Sabet Perak Ajang ONMIPA Kemendikbudristek

banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Ferdi (Mahasiswa Fakultas MIPA) berhasil memperoleh medali perak di bidang Matematika pada ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) 2023.

ONMIPA PT merupakan kompetisi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Adapun yang bertindak sebagai tuan rumah pada ONMIPA kali ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diselenggarakan pada tanggal 13-17 Juni 2023.

Pemprov Sulsel

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes Ph.D. SpBM(K) menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah diperoleh mahasiswa Universitas Hasanuddin.

“Alhamdulillah tahun ini Unhas memperoleh medali perak atau juara dua untuk bidang studi Matematika. Sebelumnya di tahun 2022 kita memperoleh juara tiga di bidang studi yang sama,” ujarnya.

Prof Ruslin menambahkan bahwa tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan dan Direktorat Kemahasiswaan serta dosen telah melakukan upaya pendampingan agar mahasiswa Unhas dapat meraih prestasi maksimal di ajang bergengsi ini.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi SE MBA PhD mengatakan bahwa tahun ini Unhas mengutus 8 mahasiswa.

“Sebelumnya kami melakukan seleksi internal dan 42 mahasiswa kita wakili Unhas di tingkat wilayah. Lalu pada seleksi wilayah ada 8 mahasiswa Unhas yang lolos,” ujar Abdullah Sanusi yang turut mendampingi mahasiswa Unhas berlomba di ITB.

Sosok Ferdi

Ferdi merupakan mahasiswa jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unhas. Ferdi merupakan sosok mahasiswa dengan segudang prestasi di bidang matematika.

Sebelumnya ia  menyabet medali perak dalam North Countries Universities Mathematical Competition (NCUMC), yang merupakan olimpiade matematika tingkat internasional yang dilaksanakan di Rusia pada akhir Maret 2023.

Tak hanya itu, Ferdi berhasil juga pernah meraih medali emas untuk kategori lomba individu pada ajang Mathematical Analysis and Geometry Day (MagD) yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di tahun sebelumnya, Ferdi mendapat medali perunggu di ajang ONMIPA PT tingkat nasional.

PDAM Makassar