kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

LL DIKTI IX Gelar Pendampingan RPL 11 PTS di UKI Paulus

banner 468x60

KabarMakassar.com — Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sultan Batara menggelar pendampingan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Gedung Lilin, Kampus Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) Makassar, Senin (29/5).

Dimana, program pendampingan ini dihadiri oleh 11 perguruan tinggi swasta yang ada di Makassar.

Pemprov Sulsel

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pengakuan capaian pembelajaran kepada masyarakat berdasarkan Pendidikan formal, non formal, informal dan pengalaman kerja, yang belum pernah mengikuti proses perkuliahan, tetapi ingin melanjutkan studi pada Perguruan Tinggi.

Rektor UKI Paulus, Prof. Dr. Agus Salim, S.H., M.H., dalam sambuatnnya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini LL DIKTI Wilayah IX yang memberikan kepercayaan kepada UKI Paulus untuk menjadi tempat penyelenggaraan Program Pendampingan RPL bagi PTS di Makassar.

“Kepercayaan ini sejalan dengan capaian UKI Paulus yang menjadi PTS pertama di lingkup LLDIKTI Wilayah IX menyelanggarakan Program Penerimaan mahasiswa jalur RPL, dan sekarang ini telah memasuki semester ketiga,” pungkasnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX yang diwakili oleh Koordinator Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Sistim Informasi Dr. H. Lusman, M.M. memberikan apresiasi dan terima kasih kepada UKI Paulus yang telah memberi inspirasi bagi PTS lain di lingkup LLDIKTI Wilayah IX menyelenggarakan Program RPL.

Program RPL ini adalah program yang resmi dari Kemdikbudristek, Dasar Hukumnya jelas, bahkan sampai Petunjuk Teknis telah diterbitkan oleh Dirjen Diktiristek.

Hadir sebagai narasumber utama, Prof Dr Ir  Yoel Pasae, S.T., M.T, Ketua Tim RPL LL Dikti wilayah IX sekaligus sebagai Warek 1 UKI Paulus. Moderator Bapak Muh. Tahir Hamzah, S.T., M.M. Bagian Akademik, MBKM dan RPL LL DIKTI Wilayah IX.

Ketua Tim RPL LL Dikti wilayah IX Prof Dr Ir  Yoel Pasae, S.T., M.T mengatakan bahwa program RPL ini merupakan hal baru dan kampus UKI Paulus tengah menjalani dua angkatan yang dimulai tahun 2022 lalu hingga saat ini yang masih berlangsung masa perkuliahan.

"Program ini (RPL) sementara berlangsung, di kampus UKIP saat ini sudah dua gelombang. Harapan kita sosialisasi ini berjalan sehingga masyarakat paham dan calon mahasiswa lebih cepat mengambil kesempatan ini. Assessment memang sangat penting karena pengalaman yang nantinya menentukan jumlah mata kuliah dan jumlah SKS yang dinyatakan lulus. Jelasnya lagi pogram RPL ini di khususkan bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman kerja, dan pengalaman belajar,"  bebernya.

Prof Yoel yang juga adalah Ketua Tim Asesor UKI Paulus  menambahkan perguruan tinggi perlu melihat model assesment agar mata kuliah calon mahasiswa yang akan mendaftar nanti bisa dikonversi dari nilai-nilai yang ada, utamanya bagi para karyawan yang memiliki sertifikat atau sertifikasi profesi, atau piagam-piagam dari penghargaan yang dimiliki nantinya disesuaikan.

Selain itu pengakuan Capaian Pembelajaran atau CP ini, maka masa kuliah mahasiswa menjadi lebih singkat.

Kalau lama studinya untuk S1 dapat selesai dalam masa studi lebih cepat dari regular yakni 2 tahun atau lebih cepat.

"Jika capaian ini juga tergantung pada hasil Rekognisi yang diperoleh saat mendaftar, kemudian Program S2 dapat selesai dalam masa studi 1 (satu) tahun atau lebih cepat. Sama halnya dengan S1 juga tergantung pada hasil rekognisi yang diperoleh saat mendaftar.

Hadir dalam kegiatan ini staf dari LL DIKTI Wilayah IX diantaranya Muh. Fachri Azis, S.E., M.M., Syahriah, S.E., Asrul Azis, S.E., M.M.

PDAM Makassar